• Redaktur: Audri Rianto

5 Penyakit yang Timbul Akibat Makan Udang Secara Berlebihan


Rasanya yang enak dan gurih menjadikan udang sebagai salah satu makanan favorit banyak orang. Makan udang dengan takaran yang wajar tentu sangat baik bagi kesehatan, karena udang dikenal sebagai biota perairan yang mengandung beragam zat gizi.

Namun, apabila mengonsumsi udang secara berlebihan, maka akan menimbulkan masalah bagi kesehatan. Hal pertama yang akan terjadi adalah meningkatnya kadar kolesterol tubuh.

Sumber: doktersehat.com

Setelah kadar kolesterol meningkat melebihi batas wajar, maka selanjutnya akan muncul beragam penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit mematikan. Berikut ini 5 penyakit yang dapat muncul akibat dari mengonsumsi udang secara berlebihan.

1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kada kolesterol tubuh yang terlampau tinggi. Kolesterol yang tinggi akan menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri yang selanjutnya dapat menimbulkan plak atau yang biasa disebut dengan aterosklerosis.

Plak ini kemudian menyebabkan menyempitnya arteri, sehingga aliran darah menjadi melambat dan menurunkan asupan darah pada jantung. Keadaan ini akan menyebabkan gejala berupa nyeri dada. Jika kadar kolesterol tidak segera diturunkan, maka plak yang menumpuk pada dinding pembuluh darah akan semakin banyak. Hal ini tentu akan menyumbat total pembuluh darah hingga ujungnya menyebabkan serangan jantung.

2. Darah Tinggi (Hipertensi)

Akibat dari sulitnya jantung memompa darah yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah. Maka secara tidak langsung tekanan darah akan semakin naik yang akhirnya menyebabkan darah tinggi atau hipertensi.

3. Stroke

Sumbatan juga dapat terjadi pada pembuluh darah otak. Sumbatan yang tidak ditangani dengan segara dapat menyebabkan stroke dan berujung pada matinya sel saraf otak. Kematian sel tersebut disebabkan oleh terhentinya pasokan oksigen ke area otak.

4. Penyakit Arteri Perifer

Sumbatan juga dapat terjadi pada pembuluh darah besar selain pada jantung dan otak, sehingga menimbulkan penyakit arteri perifer. Penyakit ini biasanya menyerang pembuluh darah yang berada pada area tungkai.

5. Diabetes Tipe-2

Kolesterol tinggi juga masih berhubungan dengan penyakit diabetes. Pada orang yang menderita penyakit diabetes, walaupun kadar gula darah dalam keadaan normal, namun kadar lemak darahnya tetap cenderung meningkat. Maka, penderita diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsi udang.

Baca Juga:

#penyakitmakanudang #kolesteroltinggi #manfaatudang

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon