• Redaktur: Audri Rianto

7 Cara Sederhana dan Aman Hilangkan Bau Amis pada Ikan


Alasan utama sebagian orang tidak suka mengonsumsi ikan ialah karena ikan memiliki bau yang amis. Bau khas tersebut membuat sebagian orang berkurang nafsu makannya bahkan menjauhi ikan untuk seterusnya.Padahal, ikan sangatlah penting bagi kesehatan.

Biasanya, ikan segar tidak menimbulkan bau amis. Namun, setelah beberapa saat ikan mulai mengeluarkan bau tersebut.

Sumber: futurity.org

Namun, anda tak perlu khawatir karena sebenarnya bau amis pada ikan dapat dihilangkan. Berikut ini tips menghilangkan bau amis pada ikan yang bisa anda coba.

1. Gunakan Jeruk Nipis/Lemon dan Garam

Bahan pertama yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bau amis ikan adalah jeruk nipis atau lemon dan garam. Caranya adalah untuk ikan yang masih utuh sebaiknya bersihkan dahulu sisik dan insangnya kemudian cuci dengan air mengalir.

Lalu, olesi ikan dengan garam yang telah diberi perasan air jeruk nipis atau lemon secara merata ke seluruh tubuh ikan. Diamkan selama 10 sampai 20 menit lalu siram menggunakan air bersih hingga garam dan air jeruk menghilang.

2. Menggunakan Air Cuka

Air cuka dikenal dapat menghilangkan bau amis. Caranya ialah bersihkan ikan pada air mengalir lalu rendam ikan dengan air cuka selama 10 sampai 20 menit. Kemudian bersihkan dengan air dan ikan siap untuk diolah. Karena cuka bersifat asam, sebaiknya gunakan air cuka sebanyak 2 sendok teh untuk satu kilo ikan.

3. Menggunakan Susu

Selain enak untuk diminum, susu juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bau amis. Caranya ialah bersihkan ikan dan insangnya kemudian rendam dengan susu segar selama 15 menit. Lelu bersihkan ikan dengan air sebelum diolah.

4. Menggunakan Tepung Terigu Walau dikenal sebagai bahan baku pembuatan kue, ternyata tepung terigu juga bermanfaat untuk menghilangkan bau amis ikan. Caranya ialah baluri sekujur tubuh ikan yang sudah dibersihkan dengan tepung terigu dan diamkan selama 10 sampai 15 menit.

Walaupun bau amis tidak langsung menghilang, namun anda bisa mengulang cara tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali. Dijamin, bau amis pada ikan akan menghilang dan ikan siap untuk dimasak.

5. Manfaatkan Parutan Jahe Selain jeruk, jahe juga memiliki manfaat yang sama, yaitu dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya ialah parut jahe sampai halus, bersihkan ikan kemudian lumuri tubuh ikan dengan parutan jahe tersebut dan biarkan selama 15 menit.

6. Menggunakan Asam Jawa Cara penggunaannya adalah dengan melarutkan asam jawa pada seperempat air bersih. Kemudian rendam ikan pada larutan tersebut selama 15 menit. Maka bau amisnya akan menghilang dan ikanpun siap untuk diolah.

7. Menggunakan Gula Pasir Selain digunakan sebagai pemanis pada makanan, gula juga memiliki fungsi sebagai penghilang bau amis pada ikan. Caranya ialah dengan menaburkan gula pada sekujur ikan yang telah dibersihkan sebelumnya. Tunggu selama 10 menit kemudian bersihkan, maka otomatis bau amis akan hilang.

Baca Juga:

#bauamisikan #menghilangkanbauamis

103 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon