top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Robert Kuok, Pengusaha Kelapa Sawit Terkaya di Dunia dari Malaysia


Beberapa waktu lalu, Forbes telah merilis beberapa pengusaha kelapa sawit terkaya di dunia. Setidaknya ada 5 pengusaha, termasuk pengusaha dari Indonesia, Martua Sitorus yang berhasil masuk di urutan kelima dengan kekayaan sebesar USD 1,5 miliar.

Tapi, tahukah anda siapa yang berada di urutan pertama sebagai pengusaha kelapa sawit terkaya di dunia? Sosok tersebut adalah Robert Kuok, seorang pengusaha dari negeri jiran, Malaysia.

Sumber: rojakdaily.com

Tercatat, kekayaan pria kelahiran 6 Oktober 1923 ini mencapai USD 14,8 Miliar atau setara dengan Rp 200 Triliun. Karir bisnisnya dimulai dengan mendirikan Kuok Group, yang bergerak di bidang perhotelan, properti dan komoditi, serta memiliki saham di Wilmar International.

Karir bisnisnya mulai dirintis pada tahun 1968, beberapa tahun kemudian ia mulai mendirikan hotel Shangri-La di Singapura pada tahun 1971. Hotel tersebutlah yang mulai mengantarkan kesuksesan padanya.

Tak lama setelah itu, ia mulai mendirikan Co Manufaktur Gula Malaya, yang dengan cepat mendapatkan popularitas serta kepercayaan konsumen. Dari situ, ia sukses menyumbang produksi gula di negaranya sebesar 80% dan sekitar 10% untuk produksi gula dunia. Maka tak heran, jika salah satu julukan yang tersemat dalam namanya adalah Sugar King atau Raja Gula Asia.

Walaupun bukan sepenuhnya sebagai pengusaha kelapa sawit, tapi kekayaan terbesar Kuok diperoleh dari saham yang ada di Wilmar International, yang merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di dunia.

Hingga usianya yang ke 95 saat ini, Kuok telah berhasil memiliki banyak investasi yang bernilai besar. Tidak hanya di Malaysia, tapi sudah tersebar di beberapa negara Asia, seperti Indonesia, Australia, Malaysia, Singapura dan Filipina.

Baca Juga:

144 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page