top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

5 Ikan Sapu-sapu dengan Warna Paling Indah


Ikan sapu-sapu atau ikan sapu kaca adalah jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan pada sungai-sungai di Indonesia. Nama ikan ini diambil dari sifatnya yang rajin membersihkan akuarium.

Ciri fisik ikan ini adalah kulitnya yang keras dan pada umumnya berwarna gelap. Ternyata, ikan sapu-sapu ini banyak jenisnya, dan tak semuanya berwarna gelap. Setidaknya ada 5 jenis ikan sapu-sapu yang memiliki warna tubuh yang indah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias.

1. Hypancitrus Zebra

Sumber: plecostomus.org

Ikan sapu-sapu ini memiliki corak tubuh berwarna putih dan hitam yang terlihat persis seperti warna tubuh zebra. Corak hitam dan putih tersebut melingkar di daerah insang dan mulut, sementara pada tubuhnya corak hitam dan putih membentang secara horizontal. Ikan ini juga termasuk ke dalam jenis ikan sapu-sapu yang paling mahal harganya.

2. Leopard

Sumber: plecostomus.org

Ikan sapu-sapu ini disinyalir berasal dari Brazil. Disebut sebagai ikan sapu-sapu leopard karena ikan ini memiliki warna tubuh dan corak yang sama dengan leopard atau macan tutul. Panjang ikan sapu-sapu jenis ini saat dewasa dapat mencapai 25 hingga 30 cm.

3. Leopard Frog

Sumber: plecostomus.org

Ciri-ciri dari ikan ini adalah warna tubuhnya yang hampir seperti macan dan mirip seperti katak liar yang ada di Amazon. Panjang maksimal tubuh ikan sapu-sapu ini hanya mencapai 10 sampai 15 cm.

4. Golden Royal Line

Sumber: plecostomus.org

Ciri fisik dari ikan ini adalah warna tubuhnya cokelat serta memiliki corak hitam horizontal di sekujur tubuhnya. Ikan sapu-sapu jenis ini sangat banyak dijumpai di Venezuela.

5. Golden Nugget

Sumber: plecostomus.org

Dari penampakannya, ikan sapu-sapu ini memiliki perpaduan warna yang cantik. Sama seperti ikan sapu-sapu sebelumnya yang memiliki crak berupa totol-totol, namun yang membedakannya adalah ikan ini memiliki warna keemasan. Panjang tubuh ikan sapu-sapu jenis ini dapat mencapai 30 sampai 35 cm.

Baca Juga:

989 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page