top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Udang Vaname VS Udang Windu. Mana yang Lebih Menguntungkan?


Udang yang paling banyak dibudidayakan di kalangan petambak adalah udang vaname dan udang windu. Keduanya memiliki pasar masing-masing dan berpotensi menghasilkan untung yang besar.

Tercatat pada tahun 2015 lalu, kedua udang ini menjadi jawara sebagai udang paling banyak diekspor oleh Indonesia.

Namun, beberapa tahun terakhir udang windu kehilangan pamor di kalangan petambak akibat dari beberapa hal, salah satunya adalah semakin menurunnya penyedia bibit udang windu.

Sumber: djpb.kkp.go.id

ANALISA MASALAH

Penurunan jumlah penyedia bibit udang windu membuat petambak sulit untuk mendapatkan bibit yang berkualitas. Diketahui, Aceh adalah salah satu daerah penyedia bibit udang windu yang memiliki kualitas baik.

Tapi, hal ini menjadi kendala bagi petambak yang berada di daerah luar Aceh. Mereka harus berjuang lebih untuk mendapatkan bibit berkualitas tersebut dengan risiko kematian yang hampir 50%.

Dilansir dari medanbisnisdaily.com, seperti para petambak yang ada di Sicanang, Kecamatan Medan Belawan. Suhendra, salah satu petambak mengatakan ia membeli bibit udang windu dari Aceh dengan harga Rp 50 ribu per ekor, dengan risiko kematian hingga 50%.

Hal ini karena dalam perjalanan dari Aceh ke Medan membutuhkan waktu lebih dari 5 jam, sehingga udang berada di dalam plastik lebih lama sebelum akhirnya dilepaskan ke tambak.

Lamanya udang windu di dalam plastik membuat tingkat stres udang meningkat sehingga udang lebih cepat mati.

Dari kendala tersebut, banyak petambak saat ini beralih ke budi daya udang vaname. Hingga saat ini, produksi udang vaname menjadi yang terbesar dibandingkan dengan udang lainnya.

Sebagai jenis udang paling banyak diproduksi di Indonesia, tentu udang vaname tak terlepas dari permintaan pasar yang besar pula. Dengan begitu, sangat jelas bahwa saat ini budi daya udang vaname memberikan keuntungan yang besar.

Dibandingkan dengan udang windu, bibit udang vaname saat ini sangat mudah untuk ditemukan. Adaptasi udang vaname terhadap lingkungannya juga lebih baik bila dibandingkan dengan udang windu, namun tetap membutuhkan pengawasan dan perawatan yang tepat dan intensif.

KESIMPULAN

Jadi, manakah yang paling menguntungkan antara budi daya udang vaname dan udang windu?

Mengingat kendala udang windu yang sangat sulit didapat bibitnya dibandingkan udang vaname serta tingkat popularitas udang vaname melebihi jenis udang lainnya di Indonesia. Maka, yang lebih menguntungkan adalah budi daya udang vaname.

Baca Juga:

6.660 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page