top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Ampas Kelapa Dapat Dijadikan Pakan Ikan Lele. Begini Caranya!


Kelapa termasuk ke dalam tanaman dengan banyak manfaat. Bahkan, dari ujung daun hingga ujung akar semua dapat dimanfaatkan. Terlebih buahnya, bisa dijadikan sebagai tambahan bumbu masakan sampai dapat dijadikan minyak.

Dari produk hasil olahan bagian kelapa, santan merupakan hal yang sering dimanfaatkan. Berbicara mengenai santan, pasti tak terlepas dari ampas kelapa. Biasanya, setelah santan terperas semua, ampas kelapa akan dibuang begitu saja.

Sumber: ramesia.com

Walaupun dianggap tidak memiliki kegunaan sama sekali, ternyata ampas kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai sesuatu yang berharga lho. Salah satunya ialah dapat dijadikan sebagai pakan bagi ikan lele.

Fermentasi

Langkah yang harus anda lakukan sebelum menjadikan ampas kelapa sebagai pakan ikan lele adalah memfermentasikannya. Fungsi dari fermentasi adalah agar tekstur ampas kelapa menjadi lebih lunak, sehingga memudahkan ikan untuk menelannya.

  • Langkah pertama, peras ampas kelapa hingga kadar air benar-benar habis tak tersisa, lalu kukus.

  • Langkah kedua, keringkan ampas kelapa yang telah dikukus tadi selama kurang lebih 30 menit di tempat terbuka.

  • Langkah ketiga, taburkan ragi secara merata di permukaan ampas kelapa yang telah kering, kemudian aduk hingga ampas kelapa tercampur dengan ragi.

  • Langkah keempat, masukkan semua ampas kelapa yang telah tercampur dengan ragi ke dalam ember, kemudian peram selama 2 sampai 3 hari.

  • Langkah kelima, setelah masa peram berakhir. Keringkan ampas di ruangan terbuka. Ampas yang telah kering dapat bertahan selama 2 bulan dan sudah dapat diaplikasikan pada kolam ikan lele sebagai pakan.

Demikian cara yang bisa anda coba untuk menjadikan ampas kelapa sebagai pakan ikan lele. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

6.376 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page