• Redaktur: Audri Rianto

Fakta Unik Belut Listrik, Buta Karena Listriknya Sendiri


Belut listrik adalah salah satu hewan yang memiliki kemampuan untuk menciptakan listrik dari tubuhnya. Kekuatan tersebut biasanya digunakan untuk menyengat predator yang akan memangsanya dan untuk melumpuhkan mangsanya.

Namun, belut listrik biasanya tidak tahu siapa yang ia sengat. Selama bersentuhan, ntah itu predator atau sesama belut yang ketepatan berpapasan, semuanya tak terhindar dari sengatan. Hal ini mungkin terjadi karena belut listrik sebenarnya buta.

Sumber: sciencemag.org

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kebutaan yang dialami oleh belut listrik itu diakibatkan oleh aliran listriknya sendiri. Beberapa fakta unik lainnya terkait belut listrik adalah sebagai berikut

Bukan Belut Sungguhan

Ternyata, belut listrik bukanlah belut asli. Sebenarnya, belut listrik masuk ke dalam jenis ikan pisau. Hewan yang berasal dari sungai di Amerika Selatan, seperti Sungai Amazon yang dikenal memiliki banyak satwa mengerikan. Belut listrik hidup tidak selalu berada di dalam air, melainkan harus setiap saat naik ke permukaan untuk bernafas.

Karnivora

Belut listrik termasuk ke dalam hewan pemakan daging atau karnivora. Belut listrik biasa makan ikan-ikan kecil, hewan mamalia kecil serta burung.

Mampu Menghasilkan Listrik Tegangan Tinggi

Saat merasa terganggu atau saat mengejar mangsa, belut listrik akan mengeluarkan gelombang kejutan yang memiliki teagangan cukup tinggi. Apapun yang berada di dalam jangkauan gelombang tersebut akan merasa bergetar.

Gelombang listrik yang dihasilkan oleh belut listrik bisa mencapai 600 volt. Gelombang dengan kekuatan seperti itu disinyalir mampu melumpuhkan manusia dewasa. Namun, sampai saat ini belum ada kasus yang mengatakan adanya manusia tewas akibat sengatan belut listrik.

Baca Juga:

1. Belut, Hewan Berlendir yang Kaya Nutrisi

2. Beberapa ikan Laut yang Berpotensi Tingkatkan Budidaya Laut Indonesia

3. Fakta di Balik Isu Ikan Lele Dapat Sebabkan Kanker

3. Mengenal Lebih Dekat Probiotik Pada Budi Daya Perairan

#belutlistrik #faktaunikbelutlistrik

140 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon