• Redaktur: Audri Rianto

Cara Mengatasi Duri Ikan Menyangkut di Tenggorokan


Kendala dalam mengonsumsi ikan adalah adanya duri. Sedang asyiknya menyantap ikan, tiba-tiba merasakan ada yang tersangkut di tenggorokan, selain dapat menurunkan nafsu makan, hal itu juga sangatlah menjengkelkan.

Tulang ikan atau duri yang menyangkut di tenggorokan biasanya menimbulkan rasa sakit dan tak nyaman serta butuh penanganan dengan segera. Untuk mengatasinya, kami berikan ulasan mengenai cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan duri yang menyangkut pada tenggorokan.

Sumber: hakaimagazine.com

Jangan Gunakan Tangan Untuk Mengeluarkan Duri

Jika ada duri ikan yang tersangkut pada tenggorokan anda, sebaiknya hindari menyogok tenggorokan langsung dengan jari tangan. Hal ini karena jari tangan dapat melukai tenggorokan dan menyebabkan infeksi, terlebih kebersihan jari tangan anda tidak terjamin.

Batuk dengan Sengaja

Membatukkan diri dengan sengaja dalam beberapa kasus dapat mengeluarkan duri yang tersangkut dalam tenggorokan. Langkah ini bisa anda coba sebagai langkah pertama untuk mengeluarkan duri yang tersangkut.

Minum Air Garam

Jika dengan batuk duri tetap bersarang di tenggorokan anda. Maka langkah selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan minum air garam. Caranya adalah dengan mencampurkan garam ke dalam air hangat kemudian aduk hingga larut lalu minum air tersebut. Air garam dipercaya dapat membawa duri yang tersangkut mengalir hingga tertelan, terutama bagi duri kecil.

Menelan Kepalan Nasi

Jika meminum air garam gagal, anda bisa mencoba menelan sekepal nasi tanpa dikunyah. Caranya adalah ambil segenggam nasi, kemudian bentuk menjadi bola-bola kecil. Kepalan nasi yang ditelan tanpa dikunyah dipercaya dapat menyentuh duri yang menyangkut secara langsung, sehingga duri akan ikut tertelan bersamaan kapalan nasi tersebut. Jangan lupa siapkan segelas air demi membantu mendorong kepalan nasi tersebut.

Makan Pisang

Sama seperti makan kepalan nasi, anda bisa mengonsumsi pisang yang telah dipotong-potong dengan ukuran sedang tanpa mengunyahnya. Caranya adalah dengan memasukkan potongan pisang ke dalam mulut, tahan sebentar hingga pisang terasa lembab. Lalu telan pisang perlahan-lahan hingga duri dirasa sudah ikut tertelan dengan pisang.

Minum Minyak Zaitun

Cara lain untuk menghilangkan duri yang menyangkut di tenggorokan adalah dengan meminum minyak zaitun. Campurkan air dengan minyak zaitun, kemudian minumlah. Minyak zaitun dipercaya dapat memberikan pelumas kepada duri yang menyangkut, sehingga duri dapat tertelan.

Konsultasi ke Dokter

Jika semua cara di atas tidak dapat mengatasi duri yang menyangkut di tenggorokan anda, maka sudah saatnya anda untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis THT. Terlebih duri yang tersangkut menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan dan tak kunjung sembuh setelah berhari-hari.

Baca Juga:

1. Anda Harus Waspada! Inilah 4 Ikan Dengan Duri Paling Banyak

2. Fakta Unik Belut Listrik, Buta Karena Listriknya Sendiri

3. 3 Alat dan Bahan yang Dapat Dijadikan Sebagai Alas Tambak dan Kolam

4. Penyebab Meningkatnya Air Kolam dan Cara Mengatasinya

#mengatasiduriikannyangkut

23 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon