top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Penyebab Air Kolam Ikan Menjadi Hijau


Air kolam yang bersih adalah salah satu penunjang kehidupan bagi ikan. Air yang bersih tentu akan mengalirkan dan menyediakan oksigen dengan baik. Namun, sering kita jumpai pada kolam-kolam ikan dengan kondisi air yang keruh hingga berwarna hijau.

Tidak hanya terjadi pada kolam ikan lama. Air pada kolam ikan baru juga mengalami perubahan warna sedikit demi sedikit. Selain mengganggu sirkulasi oksigen, air kolam yang hijau tentu sangat mengganggu pemandangan dan membuat kolam terkesan jorok.

Lantas apa yang menyebabkan air kolam berubah warna menjadi hijau? Begini penjelasannya, seperti dilansir dari thesprucepets.com

Sumber: dekoruma.com

Penyebab utama air kolam menjadi hijau adalah alga. Biasanya, kolam yang paling gampang ditumbuhi alga adalah kolam yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Paparan sinar matahari tersebut memberikan alga kesempatan untuk berfotosintesis dan terus tumbuh. Semakin banyak populasi alga, maka air kolam akan semakin hijau.

Pythoplankton merupakan spesies alga yang sering berada pada kolam dengan kondisi begitu. Sesuai dengan karakteristik air tergenang yang terpapar sinar matahari. Potensi air dipenuhi oleh pythoplankton semakin besar.

Pemberian pakan secara berlebihan juga merupakan salah satu penyebab pertumbuhan alga semakin meningkat. Hal ini dikarenakan makanan yang termakan oleh ikan tersebut dapat berubah menjadi sumber nutrisi yang dimanfaatkan oleh alga untuk berkembang biak.

Terlalu banyak jumlah ikan yang ada di kolam juga dapat menyebabkan air kolam ikan menjadi hijau. Banyaknya ikan tentu berbanding lurus dengan meningkatnya sampah organik. Sampah organik tersebut juga mengandung nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan alga.

Baca Juga:

5.215 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page