• Redaktur: Audri Rianto

Membuat Pakan Udang Vaname Sendiri


Pakan yang baik adalah pakan yang dapat menyediakan nutrisi bagi udang. Dengan begitu, kandungan nutrisi pada pakan menjadi hal yang wajib untuk diperhatikan dengan baik.

Sumber: alibaba.com

Pakan juga memiliki pengaruh terhadap besar kecilnya modal usaha atau ongkos produksi yang harus dikeluarkan pada budi daya udang vaname. Untungnya, hal itu bisa diakali dengan membuat pakan udang vaname sendiri

Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat pakan udang vaname sendiri, yang bisa anda terapkan sebagai salah satu alternatif mengurangi biaya operasional.

Pemilihan bahan pakan

Bahan pakan terbagi menjadi dua, yaitu bahan yang mengandung protein hewani dan yang mengandung protein nabati. Contoh bahan pangan yang mengandung protein hewani adalah tepung ikan.

Sedangkan yang mengandung protein nabati adalah dedek halus, bungkil kedelai, dan jagung giling.

Penimbangan dan penghalusan bahan

Setelah semua bahan telah disiapkan, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menghaluskan semua bahan baku yang kemudian dilanjutkan dengan menimbang bahan baku sesuai dengan porsi dan komposisi yang diinginkan.

Pencampuran bahan baku

Bahan baku yang sudah halus dan ditimbang selanjutnya dapat dicampur secara merata, baik secara manual maupun menggunakan mesin mixer.

Agar kedua bahan tercampur dengan sempurna, maka diperlukan suatu bahan perekat. Anda bisa menggunakan tepung kanji ataupun tepung tapioka.

Pembentukan pelet

Pembentukan pelet ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat extruder, yang diciptakan khusus untuk membuat pelet, hingga pengeringan dengan mudah dan cepat.

Jika anda tidak memiliki alat tersebut, anda dapat mengakalinya dengan cara membuat pelet menggunakan tangan kosong. Pastikan gumpalan pelet memiliki tekstur yang merata, dan tidak memiliki gumpalan-gumapalan lagi.

Pengeringan pelet

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah mengeringkan pelet. Anda dapat memanfaatkan sinar matahari sebagai sarana untuk mengeringkan pelet. Pengeringan ini bertujuan agar pakan udang vaname dapat bertahan lama.

Setelah pelet mengering, sebaiknya anda lakukan penyimpanan ke dalam kantong plastik yang kedap udara. Hal ini dilakukan guna pelet tidak lembab dan kembali basah.

Pembuatan pakan udang vaname sendiri terkesan membutuhkan waktu lebih, dan itu akan memberikan pengaruh pada usaha tambak udang vaname itu sendiri.

Untuk itu, anda bisa membeli pakan udang vaname di ISW Group. Karena ISW group merupakan toko perikanan yang menjual berbagai macam pakan dan peralatan perikanan, termasuk menjual produk pakan dan vitamin untuk udang vaname.

Soal harga, anda tak perlu khawatir, karena di ISW Group harga pakan dan vitamin untuk udang vaname sangat terjangkau dan sesuai dengan harga pasaran secara nasional.

Baca Juga:

1. Memahami Sifat dan Tingkah Laku Udang Vaname

2. Tingkah Laku Udang Vaname yang Menunjukkan Adanya Masalah

3. Tingkat Konsumsi Oksigen Udang Vaname Sebelum dan Sesudah Pemberian Pakan

#membuatpakanudangvaname #budidayaudangvaname #pakanudangvaname

1000 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon