• Redaktur: Audri Rianto

4 Jenis Geomembrane yang Ada di Pasaran


Geomembrane jika dilihat secara sekilas memang tampak seperti lapisan plastik tipis yang gampang bocor. Namun, jika dilihat lebih detail lagi, geomembrane termasuk lapisan tebal dan bahan tahan terhadap cairan asam sekalipun.

Sistem geomembrane sebenarnya telah ada dan dikenal selama lebih dari beberapa puluh tahun lalu. Kesadaran masyarakat khususnya pengusaha tambak untuk menggunakan geomembrane dimulai dari permasalahan lingkungan yang umum terjadi, yaitu pencemaran air akibat polutan.

Geomembrane sendiri dikenal sebagai bahan yang dapat mencegah pencemaran air karena terbuat dari membran tak tembus, yang dapat menghalangi polutan dari tanah atau lumpur mencemari air.

Sumber: isw.co.id

Seperti produk serbaguna lainnya, geomembrane juga terbagi ke dalam beberapa jenis. Beberapa jenis tersebut juga memiliki ciri dan fungsi yang berbeda

1. Linear Low Density Polyethylene (LLDPE)

Geomembran jenis ini dibuat dengan proses kopolimerisasi etilena dengan tekanan dan suhu yang rendah. Geomembran LLDPE cenderung sangat fleksibel dan mudah dibentangkan, namun lapisannya sedikit lebih tipis dari geomembrane jenis lain.

2. High-Density Polyethylene (HDPE)

Geomembrane jenis ini merupakan geomembrane yang biasa digunakan untuk alas tambak. HDPE memungkinkan geomembrane sangat tahan terhadap korosi dan dapat diaplikasikan pada jenis air apapun, termasuk limbah pabrik.

Salah satu geomembrane HDPE yang paling banyak dan paling baik digunakan untuk usaha pertambakan ialah Geomembrane HDPE merk ROSTEK yang memiliki ketahanan hingga 10 tahun.

3. Fleksibel Polipropilena (FPP)

Geomembran FPP memiliki harga dan kualitas yang lebih baik dari HDPE, namun geomembrane jenis ini tidak cocok digunakan pada tambak. Bahan pembuatannya adalah resin yang dipolimerisasi dengan karet etilen propilena dan polipropilena. Penggunaan geomembrane FPP biasanya pada industri yang lebih besar, seperti pabrik dan sebagainya.

4. Ethyl Vinyl Acetate (EVA)

Geomembrane EVA memiliki kualitas yang tiga kali lebih baik dan fleksibel dari geomembrane LLDPE. Kelebihannya adalah dapat menahan suhu baik tinggi maupun rendah serta radiasi sinar ultraviolet. Pembuatan geomembran EVA menggunakan bahan kopolimer etilen dan vinil asetat yang membuatnya sedikit bau.

Baca Juga:

1. 3 Alat dan Bahan yang Dapat Dijadikan Alas Tambak dan Kolam

2. Aspek yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Pompa Celup

3. Kincir Air Terbaik untuk Tambak

4. Mengenal Lebih Dekat Probiotik pada Budidaya Perairan

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

#geomembranehdpe #jualgeomembrane #beligeomembrane

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon