• Redaktur: Igna

Bisnis Budidaya Ikan Berbasis Rumah Untuk Keuntungan Ekonomi


Ikan adalah protein yang sangat sehat dan bergizi yang populer di seluruh dunia. Budidaya ikan industri, atau akuakultur, menyediakan hampir setengah makanan laut di seluruh dunia dan ini diperkirakan akan meningkat. Selain itu ikan merupakan sumber protein yang lezat dan bergizi yang juga kaya akan nutrisi seperti omega-3 Fatty acid yang meningkatkan kesehatan jantung kita dan menurunkan kadar kolesterol darah kita. Ikan telah memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan protein global.

Membudidayakan ikan di rumah bisa membuka banyak peluang menguntungkan saat ini, hasil budidaya ikan bisa dengan mudah dijual untuk keuntungan. Ada sebagian orang yang menginginkan ikan dari peternakan organik serta juga menyediakan anda dan keluarga dengan makanan laut segar yang lezat dari hasil budidaya sendiri. Jadi, mengapa tidak memulai peternakan ikan berbasis rumah anda sendiri?

Bagaimana memulai usaha budidaya ikan berbasis rumah?

Hal pertama yang dibutuhkan untuk memulai bisnis budidaya ikan rumahan adalah beberapa pengetahuan dasar tentang membesarkan ikan. Anda memerlukan beberapa ruang di halaman belakang rumah untuk menggali kolam ikan atau di tempat lain jika anda ingin membesarkan ikan dalam wadah seperti tangki, wadah, kolam dan bak.

Anda akan memerlukan pengetahuan dasar tentang budidaya ikan, jadi saya menyarankan agar anda mendapatkan pengetahuan sebanyak mungkin mengenai budidaya ikan.

Apakah Anda memutuskan untuk memulai budidaya ikan halaman belakang atau budidaya dalam kolam berbasis akuakultur , semakin banyak pengetahuan, maka akan memiliki peluang lebih baik untuk sukses dalam bisnis budidaya ikan berbasis rumah.

Peralatan apa yang saya butuhkan?

Untuk memulai budidaya ikan berbasis rumah sederhana maka anda hanya perlu menggali kolam ikan atau mengumpulkan beberapa tangki ikan atau wadah untuk pertanian ikan didalam ruangan maupun diluar. Pilihlah air dari sumber yang baik, setelah anda menyiapkan kolam atau wadah, dapatkan bibit ikan dan pakan ikan untuk memulai.

Untuk budidaya ikan berbasis skala besar, anda memerlukan beberapa peralatan tambahan, seperti daftar peralatan dibawah ini.

  • Kolam Tambak

  • Pompa

  • Perangkat Aerasi

  • Net atau Seine Reels

  • Penanganan dan Peralatan Grading

  • Peralatan pengujian air

Apa yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai budidaya ikan?

Aquaponic budidaya ikan ada kemungkinan bahwa setelah anda membudidayakan ikan di rumah, anda akan menemukan bisnis budidaya yang menguntungkan dan memutuskan untuk membeli lebih banyak lagi properti dan mulai mengembangkan program budidaya ikan anda. Anda akan membutuhkan modal awal, peralatan komersial, dan lebih banyak orang untuk memulai budidaya skala besar.

Ada banyak cara untuk mengumpulkan dana dan bantuan dari orang lain untuk memulai. Buatlah rencana bisnis dan siapkan laporan kelayakan yang menghitung semua pengeluaran dan keuntungan. Ini akan membantu anda mendapatkan pinjaman bank dan juga untuk menarik mitra atau investor.

Jika Anda benar-benar antusias dengan budidaya ikan, anda harus berusaha mendapatkan bantuan sebanyak mungkin. Cobalah untuk mendapatkan mitra atau bekerja sama dengan peternakan ikan lain untuk mengumpulkan pengalaman pada awalnya. Jadi, sebelum memasuki industri akuakultur dan memulai bisnis budidaya ikan anda sendiri, pertimbangkan semua faktor yang mungkin dan putuskan apakah usaha budidaya ikan adalah bisnis terbaik.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, dalam membimbing anda ke dunia bisnis akuakultur. Cobalah mengumpulkan sebanyak mungkin pengetahuan dan sumber daya dan memulai bisnis budidaya ikan berbasis rumah.

#budidayaikan #usahaikan #tambakikan

237 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon