top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Festival Ikan Nusantara Siap Digelar di Muara Angke


Untuk mempopulerkan wisata kuliner sekaligus mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Kementerian Pariwisata mengadakan Festival Ikan Nusantara (FIN) dan lomba masak ikan nasional di Muara Angke Jakarta, pada 20-21 Mei 2017 mendatang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangannya mengatakan bahwa pemerintah serius menggarap wisata kuliner bahari yang potensinya sangat besar. Terlebih, Indonesia kaya akan produk ikan.

Festival Ikan Nusantara Muara Angke

Tiga subsektor dalam industri kreatif yang memberikan kontribusi terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, yaitu kuliner di posisi nomor satu dengan sumbangan sebesar Rp 209 triliun atau 32,5 persen.

Nomor dua dan tiga penyumbang PDB terbesar adalah fashion sebesar Rp 182 triliun atau 28,3 persen, serta kerajinan sebesar Rp 93 triliun atau 14,4 persen.

”Festival Ikan Nusantara mendukung pengembangan Wisata Kuliner Indonesia. Bagaimana mengemasnya menjadi kekuatan yang memiliki commercial value, bukan hanya cultural value, itu yang harus dipikirkan. Juga mendorong Muara Angke jadi destinasi wisata kuliner. Andalan masakan berbahan utama ikan digarap Bekraf, standar restoran yang diandalkan dari Kemenpar,” tutur Menpar Arief Yahya.

Saat ini, Menpar Arief Yahya ingin mengendorse 10 restoran yang berada di luar negeri sebagai ajang promosi pariwisata Indonesia. Menteri Arief juga akan menjadikan Indonesia sebagai destinasi gastronomi terbaik Asia dengan sertifikasi UNWTO.

Misinya jelas, untuk mendorong kuliner nusantara tampil di pentas dunia. Indonesia tak boleh kalah dari Thailand, Vietnam dan Malaysia yang sudah lebih dahulu menggunakan rasa makanan sebagai alat promosi dan diplomasi pariwisata..

Untuk mensukseskan gelaran Festival Ikan Nusantara di Muara Angke, pihak Kementerian Pariwisata sudah berkoordinasi dengan Kepala Staf Kepresidenan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, serta berbagai media nasional.

Artikel Terkait Kuliner Perikanan

jual palet plastik

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

187 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page