• Redaktur: Yos Mo

Penggunaan Molase pada Budidaya Udang Vaname


Lactobacillus merupakan jenis bakteri probiotik kategori baik yang memberikan efek positif dalam budidaya udang Vaname. Lactobacillus dapat dibuat sendiri oleh petambak melalui proses fermentasi molase (tetes tebu).

Sebelum fermentasi, Sebaiknya molase disterilkan terlebih dulu dengan cara direbus untuk menghindari munculnya bakteri patogen vibrio.

Molase Budidaya Udang

Penumbuhan plankton pada persiapan lahan tambak dilakukan setelah air budidaya dimasukkan. Fermentasi dibuat dengan mencampurkan 20 liter molase dan 2 kilogram pakan udang bentuk serbuk.

Penebaran hasil fermentasi dilakukan dengan aplikasi probiotik. Dosis aplikasi probiotik adalah 40 liter per dua hari. Fermentasi dan probiotik ditebarkan pada pagi hari, dilakukan tiga hari sebelum penebaran benur ke tambak. Selama tiga hari kincir dinyalakan untuk membantu pengadukan.

Tujuan pemberian molase adalah untuk meningkatkan aktifitas bakteri yang menguntungkan di dalam tambak udang vaname. Probiotik yang timbul hasil dari fermentasi molase berperan untuk memperbaiki laju pertumbuhan, memperbaiki kualitas lingkungan perairan, meningkatkan daya tahan tubuh udang, dan meningkatkan efisiensi konversi pakan.

Bakteri probiotik yang dicampur dengan pakan dikonsumsi oleh udang, dan akan terserap ke dalam saluran pencernaan udang. Probiotik akan membentuk keseimbangan mikroflora di dalam saluran pencernaan udang, sehingga bisa menekan populasi bakteri patogen yang merupakan sumber penyakit.

INFORMASI TERKAIT MENGENAI PROBIOTIK

jual Molasses

Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Christy Saulina

Telp: 085277758269

#Molasses #probiotikpadaperikanan