top of page
  • Redaktur: Yos Mo

PLN dan PTPN Kerja Sama Memanfaatkan Limbah Sawit Jadi Sumber Energi Listrik


Selain menghasilkan minyak, perusahaan kelapa sawit dapat mengelola limbah produksi menjadi bio massa untuk listrik. Melihat potensi ini, pihak PT PLN (Persero) melakukan kerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara dalam pemanfaatan limbah sawit jadi sumber energi listrik.

PLN wilayah Kalimantan Barat dan PTPN XIII menyepakati kerja sama jual beli tenaga listrik dari hasil pengolahan limbah sawit dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) gasifikasi di Wilayah Kalimantan Barat.

Limbah Sawit sumber energi listrik

foto dokumentasi/ infosawit.com

Menurut keterangan General Manager PLN Kalimantan Barat, Bima Putrajaya saat ini banyak pembangkit tenaga listrik di Kalbar memerlukan sumber energi primer alternatif. Karena itu pihak PLN setempat melakukan kerja sama dengan pihak PTPN XIII.

Direktur Utama PTPN XIII, M Abdul Ghoni mengungkapkan bahwa pihaknya sebagai penyedia energi alternatif buat PLN akan menerima manfaat berupa layanan listrik di lokasi penghasil biomassa. Kerjasama ini tidak hanya berguna bagi PLN dan PTPN saja, namun berguna bagi warga lingkungan sekitar.

PLTBm yang akan dibangun berkapasitas kurang lebih 9.000 kW dengan memanfaatkan tandan kosong, cangkang dan fiber kelapa sawit sebagai sumber bahan bakar. PLTBm akan menyokong penyediaan listrik dalam sistem kelistrikan Balai Karangan di Kabupaten Sanggau dan Balai Berkuak di Kabupaten Ketapang.

Kerjasama ini menunjukkan komitmen PLN untuk terus mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). Pembangunan PLTBm di Kalbar ini juga sebagai bagian dari program priritas pemerintah yang menargetkan pembangunan listrik 35.000 megawatt.

INFORMASI TERKAIT PEMANFAATAN LIMBAH SAWIT

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

163 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page