• Redaktur: Yos Mo

Alat Analisis Kualitas Air yang Perlu Dimiliki Petambak


Kualitas air yang baik sangatlah diperlukan untuk kebutuhan hidup manusia, hewan dan tumbuhan. Setiap petambak pasti ingin udang atau ikan peliharaannya tumbuh baik dan memiliki kelangsungan hidup yang maksimal. Untuk mencapai hal itu, kualitas air tambak perlu dikontrol setiap waktu.

Kualitas air secara fisik yang dikontrol adalah rasa, bau, temperatur, kekeruhan, zat padat tersuspensi, jumlah zat padat terlarut (Total Dissolved Solids/ TDS). Untuk mengontrol kualitas air diperlukan alat analisis yang memiliki indikator pengukuran tertentu.

Berikut ini alat analisis kualitas air yang perlu dimiliki oleh petambak :

pH Meter Digital

Untuk mengukur tingkat keasaman larutan asam di dalam air (pH) digunakan alat analisis air yang biasa di sebut pH meter digital atau pH pen. Kadar asam air merupakan salah satu faktor penentu utama kelangsungan biota air di dalam kolam/tambak.

Pada dasarnya derajat keasaman air (pH) yang optimal untuk tambak baik itu ikan ataupun udang adalah 6,5 – 8 (netral).

Cara menggunakan ph Meter air digital yaitu,

  • Ambil sampel air yang mau di ukur kadar pHnya (letakkan dalam wadah).

  • Nyalakan dengan menekan tombol on pada pH meter.

  • Masukkan pH meter ke dalam wadah yang berisi air yang akan di uji.

  • Pada saat di celupkan ke dalam air, skala angka akan bergerak acak.

  • Tunggu hingga angka tersebut berhenti dan tidak berubah-ubah.

  • Hasil akan terlihat di display digital.

Hardness Test Kit

Kesadahan air (water hardness) menunjukkan seberapa banyak ion kalsium dan ion magnesium di dalam air tambak/kolam. Penting untuk mengukur kesadahan air. Karena tak semua hewan yang hidup di air memiliki daya tahan yang sama dalam kadar kesadahan tertentu.

Sebagian besar jenis ikan air tawar akan hidup baik pada kisaran pH sedikit asam sampai netral, yaitu 6,5 – 7,5. Saat ikan air tawar dalam fase reproduksi atau berkembangbiak, biasanya akan baik pada pH 6,4-7,0.

Cara mengukur kesadahan air menggunakan alat yang disebut Hardness Test Kit. Salah satu water hardness test kit yang punya banyak keunggulan adalah Hanna HI3812 yang cepat dan aman mengukur kesadahan air kolam/tambak, bisa digunakan di mana saja.

Iron Test Kit

Saat ini dalam budidaya udang dan ikan mulai marak pengukuran kadar besi dalam air dengan metode analisa alat test kit. Dengan menggunakan iron test kit dapat mengukur dan menentukan konsentrasi kadar besi dalam air tambak, serta mencegah zat besi terpapar pada udang/ikan yang dibudidayakan.

Pengukuran kadar besi dalam air menggunakan iron test kit, tolak ukurnya dengan konversi Besi (FE2 +).

Untuk mengukur kadar zat besi pada air kolam/tambak, ISW menyediakan iron test kit dari Hanna yang mudah dan aman digunakan. Hanna Iron test kit ini berfungsi untuk menentukan konsentrasi zat besi dalam air dengan konversi besi (Fe2 +).

Chlorine Test Kit

Air mengandung mikroorganisme yang merugikan. Chlorine (klorin) berperan dalam membasmi mikroorganisme tersebut. Hanna Chlorine Test Kit HI 3831F digunakan untuk mengukur kadar Chlorine dalam air, sekaligus juga dapat mengukur kadar pH dalam air.

Nitrate Test Kit

Keberadaan nitrat dalam air sangat berbahaya bagi manusia dan hewan dalam air. Konsumsi nitrat lebih dari 10 mg/liter air dapat menimbulkan penyakit Methemoglobinemia atau biasa disebut baby blue syndrome yang membuat tubuh akan membiru seperti warna lavender.

Alat pengukur nitrat yang bagus untuk digunakan adalah Hanna Nitrate Test Kit HI3874, karena menggunakan metode reduksi kadmium untuk mengukur nitrat.

Nitrite Test Kit

Kadar nitrit biasanya sekitar 0.001 mg/L pada kondisi perairan alami. Apabila kadar nitrit mencapai lebih dari 0,06 mg/L akan menjadi racun yang berbahaya bagi organisme perairan. Untuk mengukur kadar Nitrit pada air kolam, petambak dapat menggunakan Nitrit (NO2) Test Kit merek Hanna.

Phospate Test Kit

Fosfat merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh biota air. Namun, kadar fosfat yang berlebih dalam perairan dapat menyebabkan eurotifikasi atau pengayaan nutrien. Eurotifikasi membuat alga, maupun tanaman air yang berukuran mikro dapat berkembang pesat, sehingga membuat air berubah warna menjadi kehijauan, keruh dan berbau tak sedap. Eceng gondok pun akan semakin bertebaran.

Eceng gondok akan menghabiskan konsumsi oksigen di air, terutama pada malam hari. Eceng gondok membuat paparan cahaya matahari pada siang hari tak tembus hingga ke kedalaman air. Akibatnya ikan dan hewan air lainnya akan mati. Untuk mengukur kadar fosfat yang aman dalam air, dapat menggunakan Phosphate Test Kit Hanna HI3833.

BACA JUGA INFORMASI LENGKAP TERKAIT

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan:

Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

#tambakikan #peralatantambak #kualitasair

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon