• Redaktur: Yos Mo

Kiat Tepat Pemberian Kapur pada Tambak


Pemberian kapur pada tambak dan kolam biasanya dilakukan oleh pembudidaya dengan tujuan untuk menaikkan tingkat pH air, meningkatkan kesuburan tambak/kolam, atau membunuh parasit sumber penyakit dalam tambak/kolam. Sebenarnya pemberian kapur pada tambak dan kolam adalah cara untuk meningkatkan alkalinitas agar pH air menjadi lebih stabil.

Kapur tohor (CaO) dan kapur padam (CaOH/ kalsium hidroksida) biasa digunakan sebagai desinfektan pada masa persiapan tambak/kolam untuk membunuh hama dan parasit yang mengganggu pertumbuhan ikan atau udang. Kapur Kalsium Karbonat (CaCO3) bagus digunakan untuk diaplikasikan pada tambak/kolam.

foto dokumentasi: iftfishing.com

Ketika angka alkalinitas dan kekerasan tanah berada dibawah 20 mg/L, maka sejalan dengan itu pH dan produktivitas berkurang. Konsentrasi alkalinitas di bawah 20 mg/L menyebabkan perubahan pH harian, yang akan berdampak pada kehidupan hewan tambak. Keasaman tanah pada tambak dan kolam dapat dinetralkan dengan pengapuran kolam.

Air tambak dan dasar kolam sebaiknya diberi kapur sebelum pemberian pupuk. Peningkatan alkalinitas air kolam/tambak dapat menambah kandungan CO2 dalam air sehingga plankton cepat tumbuh.

Kiat tepat pemberian kapur pada tambak harus menggunakan dosis yang ditetapkan, biasanya sebanyak 2 ton per hektar untuk tanah yang bersifat asam. Tambak/kolam tak perlu diberi kapur apabila kesadahan air mencapai 20 ppm, dan pH tanah di dasar kolam tidak kurang dari 6.

Peningkatan pH dan kesadahan air tambak tidak berlangsung cepat setelah pemberian kapur. Efek pengapuran baru tampak setelah 7-10 hari pada kolam yang tanahnya mengandung bahan organik. Jumlah kapur yang digunakan akan semakin banyak pada kolam yang mengandung unsur bahan organik untuk menambah pH dan alkalinitas air.

BACA JUGA INFORMASI TERKAIT

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

#pengapurankolamtambak #pengapurantambak #pengapurankolam #budidayaperikanandanudang

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon