top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Tips Cegah Penyakit Kotoran Putih Udang (White Feces Disease)


Faktor utama penyebab udang terjangkit penyakit kotoran putih adalah kualitas air pemeliharan yang buruk dan kepadatan tebar terlalu tinggi.

Langkah pencegahan efektif untuk menangkal serangan penyakit kotoran putih udang adalah dengan cara melakukan peningkatan biosekuriti.

penyakit kotoran putih udang

udang yang terserang penyakit/ foto: dailymail.co.uk

Berikut tips cegah penyakit kotoran putih udang (White Feces Disease) :

  • Probiotik adalah jenis mikroba yang menguntungkan bagi udang yang dibudidayakan. Bakteri probiotik bagus bagi udang karena dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat (patogen). Maka itu penggunaan probiotik sangat direkomendasikan digunakan pada budidaya udang.

  • Untuk mencegah patogen masuk ke dalam tambak udang, pembudidaya harus menjaga kualitas air. Sistem aerasi perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas air tambak. Aerasi yang kurang untuk penguraian kotoran akan mengakibatkan sedimentasi kotoran di dasar tambak.

  • Padat tebar benih diperhatikan. Padat tebar yang baik adalah rata-rata 50 hingga 80 ekor udang per m2.

  • Pemberian pakan pada udang jangan berlebihan. Sisa pakan berlebih akan menyebabkan penumpukan amoniak yang dapat membuat udang kekurangan oksigen.

  • Pengontrolan rutin kadar keasaman (pH) air, alkalin dan kadar DO dapat mencegah wabah penyakit kotoran putih udang.

  • Kincir air tambak penting dalam budidaya udang. Kincir air berfungsi untuk membuang sisa pakan, kotoran dan plankton yang ada di dasar dan permukaan tambak. Penempatan kincir air searah jarum jam agar menciptakan pusaran air.

  • Udang membutuhkan sumber vitamin yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari bakteri yang ada di dalam air. Dengan memberikan suplemen dan vitamin secukupnya, udang tidak mudah terserang penyakit kotoran putih.

INFORMASI TERKAIT PENYAKIT UDANG

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

2.105 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page