top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Berbagai Warna Air Tambak dan Penyebabnya


Seringkali didapati warna air tambak yang berbeda dalam tambak budidaya udang. Terkadang terlihat warna air tambak yang berubah-ubah. Hal ini terjadi karena warna air tambak ditentukan oleh jenis plankton yang mendominasi pada saat itu. Warna air bakal serupa dengan pigmen warna jenis plankton yang dominan di dalam tambak.

Berikut berbagai warna tambak dan penyebabnya:

Warna Air Tambak Hijau Tua

Penyebab air tambak berwarna hijau tua adalah plankton hijau jenis Chlorophyta. Plankton Chlorophyta stabil terhadap perubahan lingkungan dan cuaca karena mempunyai waktu mortalitas yang relatif panjang.

Patut diwaspadai oleh pembudidaya terjadinya booming plankton Chlorophyta, karena tingkat pertumbuhan dan perkembangan plankton ini relatif cepat.

Warna air tambak

foto dokumentasi stockistnasa.com

Warna Air Tambak Kecoklatan

Warna air tambak seperti hijau kecoklatan menunjukkan dominasi plankton Diatomae. Jenis plankton Diatomae merupakan jenis plankton yang baik buat tambak. Jenis plankton ini merupakan penyuplai pakan alami bagi udang, yang menyebabkan tingkat pertumbuhan dan perkembangan udang relatif lebih cepat.

Dalam kondisi musim dengan tingkat curah hujan yang tinggi, berkurang tingkat kestabilan Diatomae, sehingga berpotensi terjadinya plankton collaps.

Warna Air Tambak Hijau Kecoklatan

Warna air tambak seperti hijau kecoklatan menunjukkan dominasi perpaduan plankton Chlorophyceae dan Diatomae.

Warna Air Tambak Kekuningan

Warna air kekuningan disebabkan oleh plankton jenis flagellata kuning keemasan yang harus dikontrol populasinya di dalam tambak. Populasi maksimal flagellata kuning di tambak maksimal adalah <5%.

Jika kondisi perairan tambak kekuningan akan menyebabkan udang berwarna lebih pucat dari biasanya, disertai dengan penurunan nafsu makan udang. Apabila tidak segera diantisipasi akan menimbulkan kerusakan hepatopanchreas udang.

Dalam kondisi air tambak berwarna kekuningan, pergantian air sangat dianjurkan dan harus diimbangi dengan penambahan jumlah kincir angin.

Warna Air Tambak Biru Kehijauan

Warna air tambak biru kehijauan menandakan air didominasi plankton jenis Cyanophyceae, dapat menyebabkan pertumbuhan lambat pada udang.

Warna Air Tambak Coklat Tua

Kondisi ini karena tambak yang telah banyak mengandung plankton dinoflagellata. Masalah kesehatan udang seperti insang hitam dan bengkak akan timbul karena air yang berwarna coklat tua.

Warna Air Tambak Merah Kecoklatan

Disebabkan populasi berlebihan dinoflagellata jenis Pyrrophyta yang membuat kadar oksigen air menurun terutama saat malam dan dini hari. Kondisi air tambak berwarna merah bisa berakibat fatal kematian massal udang.

Perubahan warna air tambak harus diamati setiap saat. Warna air yang berubah-ubah setiap saat adalah indikator bahwa air tambak tersebut memiliki alkalinitas total yang rendah.

Tapi patut diperhatikan, pergantian air tambak sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan, karena makin sering dilakukan penggantian air memungkinkan udang jadi stres karena fluktuasi pH air.

BACA JUGA INFO LAIN TERKAIT TAMBAK

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

13.571 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page