• Redaktur: Maulina Siregar

Ukur Kadar Alkalinitas Tambak Sebelum Proses Pengapuran


Untuk menentukan kapan tepatnya melakukan pengapuran kolam tambak, yang pertama kali petambak lakukan adalah mengecek total kadar alkalinitas. Dimulai dengan mengumpulkan sampel air yang berasal dari beberapa inci di bawah permukaan kolam/tambak. Pastikan sampel tidak mengandung sedimen seperti lumpur. Kumpulkan air dalam wadah yang bersih dari residu kimia. Atau, sampel yang petambak ambil bisa dikirim ke laboratorium universitas atau komersial yang menyediakan sarana pengujian air bila tidak memiliki alkalinitas test kit.

Jika total kadar alkalinitas sampel kurang dari 20 mg/l, tambak kolam bisa dilakukan pengapuran. Selanjutnya, kadar kapur yang diperlukan erat kaitannya dengan karakteristik kimia dari sedimen yang terdapat di bawah kolam/tambak.

Ambil sampel dari dasar kolam/tambak dan analisis untuk menentukan kadar pH dan tingkat material bahan pengapuran yang diperkenannkan. Ambil sampel hingga kedalaman 6 inci dari dasar (cara mengambil sampel dengan membentuk huruf S). Pada kolam atau tambak yang luasnya kurang dari 5 acre/2 hektar, kumpulan setidaknya 10 sampel per hektar.

Proses pengapuran lokasi tambak. Foto:platinumlakemanagement.com

Di kolam tambak yang lebih besar, kumpulkan empat sampai delapan sampel per hektar. Di kolam tambak yang baru, ambil sampel tanah sebelum diisi air. Di kolam yang berisi air, dorong pipa PVC ke bawah dan singkirkan tumpukan lumpur dari pipa. Gabungkan sampel, aduk secara merata dan dan sebarkan sampel hingga kering. Setelah kering dan hancung, tandai sampel dengan tulisan kolam lumpur, sehingga analisis yang tepat dapat dibuat.

Namun, di beberapa daerah, tes akurasi alkalinitas untuk kolam lumpur tak tersedia. dan ada satu cara sederhana, dan bisa dibilang cukup akurat untuk memperkirakan kadar kapur yang dibutuhkan kolam tambak Anda. Serahkan sampel dan minta perhitungan produksi tumbuhan Alfalfa ( Medicago sativa). Kadar bahan untuk pengapuran yang dibutuhkan untuk menumbuhkan alfalfa tak jauh berbeda dengan kebutuhan sebagian besar hewan air. (*)

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 - 0812 6083 0602 Up. Cherrie Gisela

#pengapurantambak #alkalinitastambak #sampelairkolam #laboratorium #kadarpH #kolamtanah

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon