• Redaktur: Maulina Siregar

Memilih Aerator Sesuai Kebutuhan Kolam


Aerator adalah alat yang digunakan pada kolam atau tambak yang berfungsi untuk melakukan aerasi atau membantu melarutkan oksigen yang ada di udara ke dalam air.

Efektivitas aerasi (peristiwa terlarutnya oksigen di dalam air) tergantung pada seberapa luas permukaan air yang bersinggungan langsung dengan udara.

Aerasi, selain dapat digunakan untuk melarutkan oksigen ke dalam air serta melepas kandungan gas-gas yang terlarut dalam air juga punya fungsi untuk menghilangkan oksidasi besi dan mangan dalam air, mereduksi ammonia dalam air melalui proses nitrifikasi.

Berikut adalah beberapa jenis aerator yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan kolam atau tambak :

Aerator Kincir Air

Merupakan jenis aerator yang paling umum digunakan di kolam besar. Air yang jatuh akan mendorong baling-baling sehingga menyebabkan turbin berputar. Perputaran turbin ini dihubungkan ke generator. Kincir air ini memiliki generator listrik yang berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dan menambah kecepatan putaran dari kincir ke generator. Prinsip sederhananya, aerator kincir air dengan diameter yang lebih besar akan mentransfer oksigen lebih banyak dibandingkan yang berukuran kecil.

Satu di antara jenis aerator kincir air tambak adalah kincir air Olimpia. Kincir Olimpia berfungsi untuk mengembalikan kualitas air ada keadaan optimum. Adanya kondisi stratifikasi atau pelapisan satu atau beberapa kualitas air menyebabkan kondisi kualitas air dan tanah tidak merata pada seluruh bagian tambak. Kincir air Olimpia menminimalisasi kondisi ini sehingga tidak menganggu hidup organisme. Kincir air Olimpia juga memaksimalkan pemasukan oksigen dari udara bebas.

Kejenuhan oksigen terlarut (DO). Kadar oksigen yang mencapai kejenuhan 250% akan menimbulkan gas emboli pada jaringan daun insang yang menyebabkan stress, mengganggu pernafasan dan mengambang. Menurut Boyd (1982) dan Bittner (1989) menyatakan difusi oksigen ke dalam air terjadi bila air tidak jenuh dan difusi oksigen ke udara bebas terjadi bila oksigen lewat jenuh.

Turbo Pro Jet Aerator

Turbo Pro menimbulkan udara langsung pada kedalaman air dalam bentuk gelombang mikro, dengan minimum 22.500-87.000 liter udara per jam. Tingkat aerasi seperti ini lebih tinggi hingga 7-8 kali dari kincir aerator traditional.

Daya aduk dari Turbo Pro Jet aerator membawa udara kedalam air dan tercampur dalam kecepatan tinggi sehingga membuat air penuh dengan oksigen.

Selain itu, Turbo Jet menghasilkan hingga 21% udara adalah oksigen, proses ini akan membersihkan dan memurnikan kolam tambak dalam beberapa minggu.

Arus yang ditimbulkan pun sampai kedalaman dan jarak hingga 35 meter, sehingga meratakan dan menyebarkan oksigen ke seluruh kolam tambak. Kualitas bahan yang dipakai pun sangat tinggi yang memberikan efek tahan terhadap korosif atau karat dari air asin atau polutan.

Pompa Aerator Vertikal

Terdiri aras motor submersible dengan impeller yang melekat pada poros output. Satu contoh variannya adalah Submersible Pump Apollo. Fiturnya memudahkan untuk penyaluran kapasitas air yang besar, hemat energi dan instalasi yang mudah.

Casing luar pompa, frame motor dan shaft terbuat dari stainless steel dan desain cooling water jacket unuk meningkatkan efisiensi difusi panas. Kabel batin dan kabel basisnya didesain untuk memiliki daya tahan kelembaban.

Duo seal mekanik yang diadopsi Summersible Pump Apollo untuk meningkatkan ketahanan pada air laut, lumpr bahkan juga air limbah. Juga dilengkapi seal mechanical ganda yang didesain untuk ketahanan luar bodi pompa.

Diffusers atau Bubblers

Desain aerator yang memiliki banyak pori-pori kecil yang berfungsi untuk melepaskan gelembung di dasar tambak. Oksigen ditransfer sebagai gelembung yang kemudian naik ke permukaan kolam. Diffusers untuk aerasi skala besar biasanya berbentuk cakram atau tabung yang terbuat dari kaca silika yang diikat, keramik, plastik berpori, atau membran berlubang fleksibel.

Diffusers dapat digunakan untuk aerasi pada pengolahan air limbah dengan cekungan 15-30 kaki untuk mengoptimalkan perpindahan oksigen. Ada juga diffusers yang menggunakan oksigen murni pada fase gas dapat memiliki kecepatan transfer oksigen tinggi, tetapi biaya operasi terlalu tinggi untuk aerasi kolam besar secara rutin.

Aerator Pompa - Semprotan

Aerator pompa semprot ini bekerja pada debit air berkecepatan tinggi. Biasanya didukung dengan motor listrik.

Informasi Terkait Silakan Klik Link Berikut :

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

#aerator #aerasi #oksigen #kincirairtambakOlimpi #submersiblepump #diffusers #bubblers #tipeaerator #longarm #mesindompeng

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon