• Audri Rianto

Pompa Celup Masih Menjadi Pilihan Terbaik Untuk Tambak

Pada usaha budidaya udang, pemilihan pompa menjadi hal yang penting. Fungsi pompa pada tambak ialah membantu proses pergantian air. Dalam proses pergantian air, petambak memerlukan pompa yang dapat bekerja secara optimal. Maksud dari bekerja secara optimal ialah pompa memiliki debit air yang tinggi sehingga proses pergantian air dapat lebih menghemat waktu, hemat energi, serta tidak menimbulkan suara yang mengganggu.


Sumber: isw.co.id

Untuk saat ini, petambak lebih memilih menggunakan pompa celup ketimbang pompa air biasa. Alasan dari pemilihan pompa celup ini tentu tidak jauh dari kelebihan yang dimiliki yang tidak ada pada pompa air biasa. Apa kelebihan yang dimaksud?

1. Biaya Perawatan Rendah

Semua pompa celup tentu didesain memiliki ketahanan terhadap korosi, sebab pompa celup nantinya akan beroperasi di dalam air tambak yang bersalinitas. Terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi tentu membuat pompa celup tidak membutuhkan perawatan khusus yang memakan biaya tinggi.

2. Dapat Mengganti Air Lebih Cepat

Pompa celup memiliki daya hisap tinggi serta dapat bekerja secara maksimal dibandingkan dengan pompa biasa. Hal ini dikarenakan pompa celup beroperasi langsung dari dalam tambak sehingga dapat menyerap air langsung dari dasar.

3. Tidak Mudah Panas

Umumnya, pompa air akan mengalami kenaikan suhu apabila dipaksa bekerja dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tidak berlaku bagi pompa celup, sebab pompa celup beroperasi di dalam air sehingga kenaikan suhu akan diminimalisir oleh air yang ada. Dengan kata lain, air menjadi pendingin bagi pompa sehingga pompa dapat bekerja secara optimal dalam jangka waktu yang lama.

4. Tidak Menghasilkan Suara yang Mengganggu

Kelebihan lain yang sangat diharapkan oleh petambak dari pompa celup adalah tidak mengeluarkan suara berlebih yang dapat mengganggu pendengaran. Hal ini bisa terjadi karena suara yang ditimbulkan oleh pompa tertutup oleh tekanan air yang ada, sehingga suara dapat diminimalisir.

5. Bisa Dijadikan Aerator

Banyak petambak menggunakan pompa celup secara multifungsi, yaitu sebagai alat pembuangan air dan juga sebagai aerator. Dengan modifikasi sederhana, pompa celup dapat menjadi aerator yang dapat menyuplai oksigen secara optimal ke seluruh bagian tambak.



Baca Juga:

46 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon