top of page
Redaktur: Audri Rianto

Fungsi Ariake Bagi Lingkungan Tambak Udang


Kehadiran plankton pada tambak adalah suatu hal yang penting, terutama dalam menunjang pertumbuhan udang. Namun, plankton alami pada tambak tidak selamanya bersifat baik, ada beberapa plankton yang malah memiliki sifat pathogen atau yang menyebabkan penyebaran penyakit.

Plankton yang bersifat pathogen ini mampu memicu pertumbuhan bakteri vibrio yang diketahui sebagai dalang dari munculnya beragam penyakit hingga menyebabkan kematian massal pada udang.

Plankton juga memiliki kendali dalam menjaga kualitas air. Keberadaan plankton dengan kapasitas yang wajar tentu sangat menguntungkan bagi udang. Namun, jika keberadaan plankton pada tambak sangat membludak, maka akan menyebabkan air menjadi lebih pekat.

Ariake 3

Ariake 3 merupakan probiotik yang dapat mengontrol pertumbuhan plankton pathogen, sehingga tidak membahayakan udang.

Probiotik merupakan mikroorganisme baik yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan udang. Selain dapat mengontrol pertumbuhan plankton jahat, ariake 3 juga dapat dimanfaatkan udang sebagai sumber pakan pendukung yang mampu meningkatkan metabolisme, sehingga nutrisi yang terkandung pada pakan utama dapat terserap dengan baik.

Penggunaan ariake 3 pada tambak juga mampu memicu penurunan kadar nitrat, amonia dan hidrogen sulfida pada air sehingga air tidak beracun bagi udang. Caranya ialah dengan mencampurkan ariake 3 sebanyak 100 gram ke dalam 100 liter air, kemudian tebarkan secara merata ke tambak yang diberi aerasi selama 30 menit.

Baca Juga:

878 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page