top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Cara Tepat Meningkatkan Nafsu Makan Udang Vaname

Dalam budidaya udang vaname, untuk mencapai pertumbuhan yang optimal serta bobot udang maksimal saat panen diperlukan pemberian pakan yang tepat. Pakan yang tepat dapat diartikan sebagai pakan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan serta mengandung nutrisi yang seimbang.



 

Pakan sendiri dalam budidaya udang memiliki persentase yang cukup besar dari keseluruhan biaya operasional. Dengan kata lain, pakan menjadi komponen yang sangat penting untuk terus disediakan selama proses budidaya berlangsung.

 

Kendala yang sering terjadi dalam pemberian pakan ialah menurunnya nafsu makan udang. Jika nafsu makan sudah menurun, maka tambak akan mengalami ketidakseimbangan, karena saat udang tidak mau makan, maka pakan yang tersisa akan menjadi limbah organik yang berujung pada pencemaran lingkungan hidup udang itu sendiri. Selanjutnya, udang yang tidak mau makan ini akan mengalami malnutrisi yang berujung pada kematian secara massal.

 

Jika sudah ada indikasi terjadinya penurunan nafsu makan pada udang, maka Anda sebagai pembudidaya harus sigap untuk mengembalikan nafsu makannya. Namun, sebelum menuju ke sana,  Anda harus mengetahui terlebih dahulu kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan nafsu udang menurun.

 

Kualitas Air yang Buruk: Kondisi lingkungan yang tidak kondusif akibat kualitas air yang buruk membuat udang tidak nyaman dan stres. Dampaknya adalah udang menjadi tidak nafsu makan.


Stres: Selain karena kondisi lingkungan yang buruk, udang juga bisa stres akibat dari perubahan kondisi lingkungan yang drastis dan tiba-tiba. Dampak yang ditimbulkan dari stres adalah nafsu makan menurun, udang menjadi lemas atau malas bergerak.


Perubahan Cuaca: Perubahan cuaca secara ekstrem dan berulang dapat mempengaruhi lingkungan tambak, terutama pada suhu. Oleh karena itu, saat lingkungan hidupnya terasa tidak stabil maka saat pakan diberikan, udang akan terlihat enggan untuk makan.


Salah Memilih Pakan: Petambak harus tahu 3 jenis pakan dan waktu pengaplikasiannya. 3 jenis pakan yang dimaksud adalah pakan tepung untuk proses pembenihan, granula untuk pembesaran awal, dan pakan pellet untuk pembesaran secara maksimal hingga panen. Kesalahan dalam memilih dan mengaplikasikan pakan akan membuat udang tak selera makan.


Kekurangan Nutrisi: Pakan yang diberikan harus mengandung protein, karbohidrat, lemak dan serat dalam jumlah yang pas dan berimbang. Jika terdapat kekurangan nutrisi pada pakan, udang biasanya akan malas menyentuh pakan yang diberikan.

 

Setelah mengetahui alasan mengapa udang tak nafsu makan, maka selanjutnya Anda juga harus tahu cara mengatasinya. Beberapa cara ini bisa Anda aplikasikan pada tambak Anda.

 

 

Menjaga Kualitas Air

Kondisi air yang buruk akan membuat udang stres dan malas makan, maka cara pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas air agar tetap optimal demi menghindarkan udang pada stres.


Upayakan agar kincir air tetap bekerja secara optimal selama proses budidaya berlangsung, jangan sampai kincir rusak tiba-tiba dan menghambat proses penyaluran oksigen pada tambak. Selanjutnya, pantau terus komponen kualitas air lainnya seperti suhu, salinitas, pH dan lain-lain. Pastikan semua berada dalam keadaan optimal.

 

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Udang Secara Berkala

Kita tahu bahwa faktor utama penyebab udang tak mau makan adalah stres, dan stres bisa membuat udang lebih rentan terhadap serangan penyakit. Untuk itu, lakukan pemeriksaan fisik secara berkala untuk menentukan kondisi kesehatan udang. Jika udang sakit atau stres, mereka mungkin tidak akan makan sebanyak biasanya.

 

Memberi Pakan Sesuai Kebutuhan

Cara pertama untuk meningkatkan nafsu makan udang vaname adalah dengan memberi mereka pakan sesuai kebutuhan. Untuk tumbuh secara optimal, udang membutuhkan nutrisi seimbang, termasuk protein, lemak, serat, dan karbohidrat dalam jumlah optimal. Selain itu, pastikan bahwa pakan yang diberikan sesuai dengan usia dan fase pergantian kulit udang.

 

Meningkatkan Frekuensi Pemberian Pakan

Cara yang lebih memotivasi untuk makan adalah dengan membagi tiga makanan utama menjadi lima atau enam makanan yang lebih kecil. Seiring meningkatnya nafsu makan, Anda dapat mulai meningkatkan porsi makanan ini atau menambahkan lebih banyak bahan dengan tujuan untuk menambah jumlah kalori.

 

Menggunakan Stimulan Nafsu Makan

Beberapa suplemen, seperti minyak ikan dan asam lemak omega-3 dapat digunakan sebagai stimulan nafsu makan. Suplemen ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan udang dan mendukung pertumbuhan dan kesehatan mereka.

 

Dengan memahami dan menerapkan metode ini, petani udang dapat membantu meningkatkan nafsu makan udang yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan dan kesehatan udang secara optimal.



Baca Juga

193 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page