top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Cara Mengukur Kesadahan Air (Water Hardness)


Tingkat kesadahan air (water hardness) sangat mempengaruhi kualitas air. Dalam budidaya udang dan ikan, kualitas air merupakan hal yang berperan besar menentukan kesuksesan panen.

Kesadahan air menunjukkan seberapa banyak ion kalsium dan ion magnesium di dalam air tambak/kolam. Penting untuk mengukur kesadahan air. Karena tak semua hewan yang hidup di air memiliki daya tahan yang sama dalam kadar kesadahan tertentu.

pengukur kesadahan air

Tingkat kesadahan air erat kaitannya dengan kadar keasaman (pH) air. Nilai kesadahan dinyatakan dalam satuan part per million (ppm) kalsium karbonat, sementara itu tingkat kekerasan (dH) menggunakan konsentrasi molar CaCO3. Secara umum, pertumbuhan ikan akan baik pada kekerasan 3-10 dH.

Sebagian besar jenis ikan air tawar akan hidup baik pada kisaran pH sedikit asam sampai netral, yaitu 6,5 – 7,5. Saat ikan air tawar dalam fase reproduksi atau berkembangbiak, biasanya akan baik pada pH 6,4-7,0.

Cara mengukur kesadahan air menggunakan alat yang disebut Hardness Test Kit. Cara penggunaan water hardness test kit, sebagai berikut:

  • Tutup plastik beaker dibuka, lalu sampel air sebanyak kurang lebih 5 ml dituangkan.

  • Tambahkan lima tetes hardness buffer yang tersedia, kemudian tutup kembali plastik beaker dengan cap, aduk sampai rata.

  • Tambahkan satu tetes calmagite indicator yang tersedia. Tutup kembali plastik beaker dengan cap, aduk sampai rata.

  • Siapkan jarum suntik titrasi. Dorong tarikan pada jarum suntik sehingga ujung tarikan sejajar dengan 0,9 ml. Kemudian masukkan ujung jarum suntik titrasi ke HI 3812, tarikkan jarim suntik hingga ujung tarikan sejajar dengan 0,0 ml.

  • Kurang lebih 15 detik akan didapat hasil pada skala jarum suntik. Kemudian hasil dapat dikali dengan 300 mg/L CaCO3. Apabila hasilnya lebih rendah dari 30 mg/L CaCO3, ketepatan test dapat ditingkatkan dengan menggunakan sampel air 50 ml dan hasil dapat dikali dengan 30 mg/L CaCO3.

cara penggunaan water harness kit

Salah satu water hardness test kit yang punya banyak keunggulan adalah Hanna HI3812 yang cepat dan aman mengukur kesadahan air kolam/tambak, bisa digunakan di mana saja.

Hanna Hardness Test Kit HI3812 menggunakan uji kimia berbasis titrasi untuk menentukan kesadahan dalam dua rentang, yakni 0,0-30,0 mg/L dan 0-300 mg/L. Alat tes kit memiliki reagen yang cukup untuk melakukan 100 tes. Tidak perlu membeli kit baru ketika reagen habis. Hanna Hardness Test Kit HI3182-100 dapat dipesan untuk menggantikan reagen disertakan dengan kit.

Baca Juga:

jual hardness air kit

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

12.712 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page