top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Apakah Pakan Tinggi Protein Selalu Baik Untuk Udang?

Pakan pada budidaya udang memiliki tugas penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Pakan yang baik ialah pakan dengan kandungan protein, karbohidrat, lemak, serat dengan jumlah yang seimbang.



 

Protein adalah komponen penting dalam pakan udang yang mendukung pertumbuhan dan fungsi tubuh mereka. Pada pakan udang, kadar protein biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan nutrisi lain. Hal itu menunjukkan bahwa protein dalam pakan memang sangat penting.

 

Protein berperan dalam pembentukan otot dan pada udang ia berperan dalam pembesaran secara optimal. Namun, apakah pakan tinggi protein itu dianjurkan? Berikut adalah beberapa poin penting tentang pakan udang tinggi protein.

 

Pentingnya Protein

Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan oleh udang sebagai pengatur dan pendukung dari fungsi tubuhnya. Peran protein dalam tubuh udang di antaranya ialah pembentukan jaringan tubuh, enzim, dan hormon yang mendukung pertumbuhan mereka. Pakan udang berkualitas dengan kandungan protein yang cukup dapat membantu memastikan bahwa udang menerima nutrisi yang cukup untuk metabolisme tubuh mereka.

 

Saat metabolisme udang terjaga dengan baik, maka udang akan tumbuh dan berkembang lebih cepat. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi petambak, sehingga ia bisa melakukan panen dengan lebih cepat. Selain itu, pakan tinggi protein biasanya akan lebih disukai oleh udang sehingga sisa pakan yang tertinggal di tambak akan menjadi lebih sedikit.

 

Sumber Protein

Ada banyak sumber protein yang dapat digunakan dalam pakan udang. Bahan-bahan yang telah terbukti menjadi sumber protein utama untuk diet udang termasuk cumi-cumi, tepung kedelai, tepung udang, tepung ikan, dan limbah kerang. Selain itu, makanan alami seperti sayuran seperti bayam, zucchini, dan brokoli, serta makanan kaya protein seperti cacing darah, artemia, dan krill juga dapat membantu melengkapi kebutuhan protein udang.

 

Kandungan Protein dalam Pakan Udang

Protein adalah komponen terbesar dalam pakan udang vaname berkualitas. Kandungan protein dalam pakan biasanya dinyatakan sebagai persentase protein kasar, misalnya, 30%, 35%, 45%, dan seterusnya. Tingkat protein dianggap tinggi jika berada dalam kisaran 35-45%, sedangkan dianggap sedang hingga rendah pada 30-35% atau di bawahnya.

 

Sebelum memilih untuk menggunakan level protein mana yang akan Anda aplikasikan, sebaiknya perhatian manajemen pakan dan kualitas air pada tambak. Dengan demikian hubungan antara udang, pakan dan kualitas air akan tercipta dengan baik, sehingga ketiganya akan saling mendukung untuk menghasilkan produksi yang optimal.

 

Dampak Pakan Tinggi Protein

Pemberian pakan tinggi protein, meskipun mendorong pertumbuhan udang yang cepat juga membawa beberapa konsekuensi. Pakan tinggi protein dapat meningkatkan kadar amonia total, nitrit, dan nitrat dalam air serta menghasilkan limbah pakan yang tidak digunakan. Tidak hanya itu, pakan dengan level protein yang tinggi juga memiliki harga yang cukup mahal. Di sisi lain, pakan rendah protein dapat menjadi opsi yang lebih hemat biaya.

 

Dengan memahami pentingnya protein dalam pakan udang, petambak  udang dapat memastikan bahwa udang mereka mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan kesehatan yang optimal.



Baca Juga

255 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page