• Redaktur: Audri Rianto

5 Cara Memasak Udang yang Baik Tanpa Bau Amis


Udang terkenal dengan rasanya yang gurih serta tekstur dagingnya yang kenyal sehingga udang menjadi makanan favorit banyak orang. Cita rasa udang yang enak dan lezat membuat banyak orang tergoda untuk selalu menikmatinya.

Kenikmatan udang secara maksimal didapat dari cara penyajiannya. Apalagi variasi memasak udang sangatlah banyak, bisa dijadikan sebagai bahan utamanya atau sebagai bahan pendukung, tetap saja tidak mengurangi cita rasa udang itu sendiri.

Sumber: azzamaviero.com

Namun, teknik memasak yang tidak tepat tentu akan menurunkan kualitas dari udang. Walau terbilang sederhana, udang perlu diolah dengan baik agar menghasilkan rasa yang lebih enak.

Berikut ini kami rangkumkan untuk anda 5 cara memasak udang yang baik dan benar.

1. Pilih Udang Segar

Saat membeli udang di pasar, sebaiknya pastikan bahwa udang tersebut masih segar. Udang yang segar memiliki aroma khas serta warnanya tidak pucat. Selanjutnya adalah perhatikan kepala udang, jangan beli udang yang kepalanya hampir putus.

Sebaiknya, belilah udang yang masih utuh mulai dari bagian kepala hingga ekor. Pilih yang teksturnya masih keras dan jangan pilih udang yang sudah lembek.

2. Simpan dengan Cara yang Benar

Jika anda membeli udang untuk dimasak beberapa hari ke depan, sebaiknya anda masukkan udang ke dalam freezer. Namun, sebaiknya tidak terlalu lama menyimpan udang disana, karena freezer hanya berguna sebagai tempat penyimpanan sementara.

Jika saatnya tiba untuk memasak udang tersebut, anda hanya cukup mengambilnya dari freezer dan pindahkan ke kulkas biasa sampai udang mencair. Jika udang sudah dikeluarkan dari freezer, maka jangan pernah dibekukan lagi atau dimasak keseluruhan.

3. Kupas dengan Benar

Cara mengupas udang yang benar adalah pegang udang dengan bagian kepala di tangan kanan, lalu pisahkan kepala udang tepat di antara batas kepala dan badannya. Jika sudah terlepas, tahap selanjutnya adalah membersihkan seluruh kulitnya.

Apabila ingin menghidangkan udang pada anak-anak, sebaiknya buang bagian ekornya agar tidak termakan oleh anak-anak dan menghindari tersedak. Jika ingin terlihat cantik saat dihidangkan, maka ekornya dapat dibiarkan saja.

4. Menghilangkan Bau Amis pada Udang

Sebelum memasaknya, sebaiknya anda memastikan untuk membersihkan udang secara keseluruhan. Pasalnya, udang yang tidak dibersihkan dengan benar akan menimbulkan bau amis.

Cara menghilangkan bau amis pada udang adalah dengan membelah sedikit bagian punggung udang, kemudian buang kotoran yang berbentuk tali hitam pada punggungnya. Setelah itu, cuci udang menggunakan air bersih.

Anda juga dapat memberikan sedikit jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Namun, jangan sampai memberikan jeruk nipis terlalu banyak karena dapat merusak rasanya saat dimasak.

5. Cara Memasak yang Benar

Saat ingin menggoreng atau menumis udang, pastikan minyak yang akan digunakan sudah dalam keadaan panas. Hal ini dilakukan agar proses memasak tidak memakan waktu lama, karena rasa gurih dan manis pada udang akan mudah hilang saat dimasak terlalu lama. Usahakan saat menggoreng, udang tidak dalam keadaan terendam dalam minyak.

Untuk memasak dengan cara direbus, maka pastikan air sudah mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tutup panci kemudian tunggu sampai udang matang. Jika sudah matang, celupkan udang pada air dingin agar proses memasaknya cepat terhenti.

Baca Juga:

#caramasakudang #menghilangkanbauamisudang #manfaatudang

0 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon