• Redaktur: Audri Rianto

Mengapa Ikan Mengeluarkan Bau Amis?


Ikan memang dikenal memiliki bau amis yang khas. Bau yang ditimbulkan ini membuat banyak orang masih enggan untuk mengonsumsi ikan. Lantas, apa penyebab ikan bisa menimbulkan bau amis?

Sumber: ajnn.net

Seperti dilansir dari indozone.id, bau amis pada ikan muncul saat ikan mati, karena terjadi suatu reaksi kimia. Senyawa kimia rimethylamine oxide (TMAO) yang terkandung pada tubuh ikan ini akan berubah menjadi trimethylamine (TMA) oleh bakteri dan enzim saat ikan mati.

Senyawa TMA yang terpecah ini yang kemudian menimbulkan bau amis pada ikan. Bau ini memang tercium agak menyengat dan membuat sebagian orang merasa jijik. Namun, bau itu merupakan bau yang biasa dan tidak menimbulkan efek apapun terhadap daging ikan, kecuali jika bau berubah menjadi bau busuk, yang menandakan bahwa ikan sudah mulai busuk dan tak layak untuk dikonsumsi.

Pada umumnya, ikan air laut memiliki bau yang lebih amis dibandingkan dengan ikan air tawar. Hal ini karena ikan air tawar tidak banyak menumpuk TMAO pada tubuhnya karena lingkungannya yang kurang asin.

Anda tak perlu khawatir dengan bau amis pada ikan, sebab bau tersebut dapat dikurangi dengan menggunakan bahan sederhana, yakni perasan lemon, cuka atau tomat.

Bahan tersebut terbukti dapat merangsang TMA untuk mengikat air, sehingga mudah untuk dibersihkan. Dengan demikian, bau amis akan berkurang dan tidak tercium oleh hidung.


59 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon