top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Cara Menghitung Jumlah Geomembrane yang Dibutuhkan pada Tambak


Geomembrane merupakan lapisan plastik yang biasa digunakan sebagai alas tambak. Geomembrane terdiri dari beberapa jenis berdasarkan ketebalannya, yaitu 0,3 mm, 0,5 mm, 1 mm, 1,5 mm, dan 2 mm. Pada umumnya, geomembrane yang digunakan pada tambak udang adalah yang memiliki ketebalan 0,5 mm.

Kegunaan geomembrane pada tambak adalah untuk menahan tanah dasar tambak sehingga tidak mengotori air. Hal ini tentu sangat berguna dalam menjaga kualitas air tambak selama proses budidaya berlangsung. Selain itu, adanya geomembrane sebagai alas tambak dapat mempermudah petambak untuk melakukan panen saat musim panen tiba.

Sumber: geomembrane.com

Banyak petambak mulai mengaplikasikan geomembrane sebagai alas pada tambaknya. Namun, masih banyak juga petambak yang belum bisa menentukan berapa banyak jumlah geomembrane yang mereka butuhkan pada tambak yang mereka miliki. Pada tulisan kali ini, kami akan memaparkan cara menentukan jumlah geomembrane yang dibutuhkan pada tambak yang Anda miliki.

Langkah pertama, Anda harus mengetahui luas dari geomembrane per roll-nya. Caranya ialah dengan mengalikan panjang dan lebar dari geomembrane tersebut. Geomembrane Rostek HDPE dengan ketebalan 0,5 mm memiliki panjang 50 m dengan lebar 5,5 m per roll-nya. Jika dikalikan, maka luas geomembrane per roll adalah 275 meter persegi.

Langkah kedua, dilanjutkan dengan mencari nilai dari luas kolam tambak yang Anda miliki. Jika tambak Anda memiliki ukuran sebesar 1 Ha (100 m x 100 m) maka luasnya adalah 10.000 meter persegi dengan kedalaman 1,5 meter, maka luas kolam harus ditambah 30%, dan hasilnya adalah 13.000 meter persegi.

30% tersebut merupakan kompensasi ukuran untuk dinding tambak Anda, karena dinding tambak juga harus dilapisi dengan geomembrane. Nah, selanjutnya adalah menentukan jumlah roll geomembrane yang dibutuhkan. Caranya adalah dengan membagikan luas kolam tambak +30% dengan luas geomembrane per roll-nya.

Dari perhitungan di atas, tambak dengan luas 1 Ha dan kedalaman 1,5 meter membutuhkan 47,27 roll atau 48 roll jika digenapkan. Begitulah cara menghitung jumlah geomembrane yang dibutuhkan pada kolam tambak, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia


1.892 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page