• Redaktur: Audri Rianto

Peran Nelayan Dalam Menjaga Kedaulatan di Perbatasan


Beberapa waktu lalu, sempat terjadi peristiwa masuknya kapal asing di perairan Natuna Utara, Indonesia yang diketahui berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Hal ini tentu dapat dijadikan sebuah pelajaran bagi Indonesia agar ke depannya dapat lebih menjaga wilayahnya.

Peristiwa seperti ini hampir setiap tahun terjadi, dan Indonesia terbukti mampu memperlihatkan ketegasannya kepada dunia dalam mempertahankan wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perairan (KIRA), Susan Herawati. Menurutnya, sebagai negara kepulauan tersebesar dunia, sudah sepatutnya Indonesia menjadi contoh untuk negara kepulauan lainnya tentang penegakan kedaulatan bangsa.

Sumber: newswantara.com

Agar kedaulatan Negara dan pencegahan IUUF bisa lebih baik, Indonesia harus dapat merumuskan agenda penguatan dan perlindungan nelayan beserta kawasannya dari kejahatan IUUF. Perlindungan itu tentu sebaiknya bisa masuk ke dalam konsep pertahanan nasional yang ada di laut.

Dengan kata lain, menurut Susan Indonesia bisa melibatkan nelayan yang ada di Indonesia secara langsung sebagai salah satu bentuk penjagaan keamanan dan kedaulatan perairan laut Indonesia. Agar peran ini nantinya berjalan dengan baik, negara harus dapat memberikan perlindungan kepada mereka sendiri dan wilayah tangkapannya.

Gagasan tersebut bukanlah tanpa alasan, sebab Susan menilai bahwa wilayah laut Indonesia ini sangat luas dan tentu harus selalu diawasi oleh aparat keamanan. Namun, dengan luasnya wilayah serta keterbatasan sumber daya manusia pada lembaga keamanan, maka solusi jitu yang dapat diterapkan ialah dengan membiarkan nelayan untuk tetap melaut dengan bebas.

Selain dalam melibatkan nelayan untuk pertahan negara, Natuna juga harus bisa menjadi contoh untuk wilayah Indonesia lainnya yang berbatasan langsung dengan negara lain di wilayah laut.

Selain masalah keamanan, Susan juga mengatakan bahwa potensi sumber daya perikanan di Natuna juga masih belum termanfaatkan dengan maksimal. Untuk itu, perlu juga dilakukan perencanaan yang matang dan kuat untuk memanfaatkan sumber daya perikanan di sana.

Susan yakin, jika nelayan berada di daerah perbatasan termasuk Natuna, selain bisa memanfaatkan sumber perikanan yang ada tentu mereka juga bisa menjalankan perannya sebagai komponen penting dalam upaya penegakan kedaulatan


0 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon