• Redaktur: Audri Rianto

Desa Ini Sulap Limbah Ikan Menjadi Pakan Ikan Bernutrisi


Desa Purwawinangun, Kecamatan Suranenggala, Jawa Barat merupakan salah satu desa yang dikenal dengan hasil olahan ikannya.

Produk-produk yang mereka hasilkan diketahui memiliki kualitas yang baik serat sangat higienis. Beberapa olahan yang mereka hasilkan adalah abon ikan, otak-otak, kerupuk ikan, baso ikan, bandeng presto dan lain-lain.

Sumber: radarcirebon.com

Di balik kesuksesan desa ini dalam menciptakan olahan ikan, ternyata penduduk mengakui bahwa mereka sempat merasa kesulitan dalam membuang limbahnya.

Hal tersebut ternyata bukanlah menjadi masalah lagi bagi mereka. Pasalnya mereka lebih memilih mengolah limbah yang ada menjadi pakan ikan ketimbang membuangnya begitu saja.

Adapun proses dalam pembuatan pakan ikan dari limbah olahan ikan adalah dengan mencampurnya dengan dedek, kemudian diaduk atau digiling hingga tercampur merata.

Dengan limbah ikan yang kembali dimanfaatkan sebagai pakan tentu bisa memberikan nutrisi yang lebih baik bagi ikan ketimbang dengan pemberian pakan pabrikan. Ikan tumbuh dengan baik dan pembudidaya bisa lebih menghemat anggaran,” ujar Drs Tasumi , salah satu warga desa tersebut.

Dikarenakan setiap harinya warga Purwawinangun ini bisa menghasilkan makanan olahan ikan sebanyak 80 ton, maka bisa dipastikan bahwa perputaran uang yang mereka hasilkan bisa mencapai ratusan juta.

Baca Juga:


197 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon