top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Penyebab Udang Tak Mau Makan


Memahami perilaku udang merupakan tindakan yang sangat diperlukan bagi petambak guna dapat menciptakan kondisi yang kondusif untuk udang dalam pertumbuhannya. Pengetahuan mengenai perilaku udang mungkin akan membantu petambak dalam merencanakan manajemen pakan yang tepat.

Sumber: ideaksi.com

Salah satu perilaku udang yang wajib diketahui adalah ketika udang mengalami penurunan nafsu makan atau tidak mau makan. Berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

Udang Merupakan Omnivorous scavenger

Makna dari istilah Omnivorous scavenger adalah udang merupakan komoditi budidaya yang makan apapun. Scavenger juga berarti udang suka makan sisa-sisa bahan organik yang ada di dasar. Hal ini tentu menjadi alasan logis ketika udang menurun nafsu makannya ketika diberi makan. Alasannya adalah udang sudah terlalu banyak makan sisa-sisa bahan organik yang ada pada dasar tambak. Perilaku ini juga mengungkapkan bahwa tambak berada dalam kondisi yang tidak stabil dan perlu dilakukan pembersihan.

Penglihatan Udang Tidak Berkembang

Ketika penglihatan udang tidak berkembang dengan baik, maka udang hanya mengandalkan antenanya untuk menemukan pakan yang ditebarkan. Hal ini membuat udang cukup kesulitan dalam menemukan pakan, sehingga udang seolah-olah terlihat tidak nafsu makan.

Suhu, pH dan DO Berpengaruh Terhadap Nafsu Makan

Penurunan ketiga parameter tersebut secara signifikan juga berpengaruh terhadap nafsu makan udang. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban Anda untuk selalu mengecek keadaan tambak yang Anda miliki.

Baca Juga:

1.979 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page