top of page
  • Gambar penulisAudri Rianto

Ahli Sebut Bangkok Akan Tenggelam 30 Tahun Mendatang


Sebuah lembaga nirlaba Climate Central, mengungkapkan sebuah studi yang memperlihatkan sejumlah kota, termasuk Ibu Kota Bangkok akan tenggelam 30 tahun mendatang akibat dari kenaikan air laut. Climat Central merupakan sebuah lembaga yang bertugas dalam menganalisa dan melaporkan riset iklim.

Sumber: dunia.tempo.co

Laporan Climate Central menyebutkan tingkat air laut diperkirakan akan mengalami kenaikan sekitar 0,6 hingga 2,1 meter atau lebih pada abad ini, artinya lebih dari 300 orang kan berisiko terkena banjir setidaknya setahun sekali. Jumlah ini ternyata sudah mengalami peningkatan tiga kali lipat dari hasil penelitian sebelumnya.

Menurut Scott Kulp, ilmuwan senior di Climate Central menjelaskan perubahan iklim akan memengaruhi banyak kawasan, khususnya di Asia, sehingga menempatkan lebih dari separuh populasi masyarakat yang ada di Cina, Bangladesh, India, Vietnam, Indonesia dan Thailand berada dalam ancaman risiko ini. Menurut laporan terbaru mereka, ada sekitar 20 juta orang yang tinggal di area-area risiko tinggi, termasuk Ibu Kota Bangkok akan terdampak oleh kenaikan air laut pada 2050 mendatang.

Sementara itu, lebih dari 23 juta masyarakat yang ada di Indonesia juga akan merasakan risiko yang sama akibar dari kenaikan air laut.

Baca Juga:


260 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page