top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Meningkatkan Populasi Plankton Tambak dengan Molase


Molase merupakan produk sampingan dari pengolahan gula tebu yang memiliki banyak manfaat di berbagai industri. Sektor perikanan menjadi salah satu yang paling sering memanfaatkan molase.

Pada budidaya udang, molase sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran pakan. Kandungan sukrosanya yang tinggi mampu meningkatkan cita rasa pakan menjadi lebih manis dan memiliki efek fermentasi yang baik, sehingga pakan lebih mudah untuk dicerna.

Sumber: growpal.co.id

Tidak hanya itu, molase juga mampu meningkatkan populasi plankton baik pada tambak, sehingga mampu menekan bakteri patogen yang ada. Pemberian molase dalam aplikasi probiotik biasanya dilakukan pada saat persiapan kolam tambak sebelum proses budidaya dimulai.

Proses tersebut diketahui mampu mempercepat pertumbuhan plankton pada tambak. Seperti yang diketahui, plankton sangat berguna bagi lingkungan tambak karena mampu menjadi pakan alami bagi udang serta menjaga udang untuk tetap terhindar dari serangan bakteri patogen.

ISW Group menyediakan molase dengan kualitas terbaik yang sudah banyak digunakan oleh petambak di berbagai daerah untuk membentuk plankton pada tambak mereka.

Baca Juga:

573 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page