top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Meningkatkan Populasi Plankton Tambak dengan Molase


Molase merupakan produk sampingan dari pengolahan gula tebu yang memiliki banyak manfaat di berbagai industri. Sektor perikanan menjadi salah satu yang paling sering memanfaatkan molase.

Pada budidaya udang, molase sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran pakan. Kandungan sukrosanya yang tinggi mampu meningkatkan cita rasa pakan menjadi lebih manis dan memiliki efek fermentasi yang baik, sehingga pakan lebih mudah untuk dicerna.

Sumber: growpal.co.id

Tidak hanya itu, molase juga mampu meningkatkan populasi plankton baik pada tambak, sehingga mampu menekan bakteri patogen yang ada. Pemberian molase dalam aplikasi probiotik biasanya dilakukan pada saat persiapan kolam tambak sebelum proses budidaya dimulai.

Proses tersebut diketahui mampu mempercepat pertumbuhan plankton pada tambak. Seperti yang diketahui, plankton sangat berguna bagi lingkungan tambak karena mampu menjadi pakan alami bagi udang serta menjaga udang untuk tetap terhindar dari serangan bakteri patogen.

ISW Group menyediakan molase dengan kualitas terbaik yang sudah banyak digunakan oleh petambak di berbagai daerah untuk membentuk plankton pada tambak mereka.

Baca Juga:

575 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Perbedaan Fitoplankton dan Zooplankton pada Tambak Udang

Dalam budidaya udang kehadiran plankton pada tambak bukanlah sesuatu yang asing. Plankton termasuk ke dalam komponen kualitas air yang harus dijaga keberadaannya. Pada tambak, ada banyak jenis plankto

bottom of page