• Redaktur: Audri Rianto

Deteksi Kepekatan Logam Berat pada Tambak dengan TDS Meter


Tambak yang baik harus memiliki kualitas air yang juga baik. Untuk itu, petambak sebaiknya memastikan bahwa kadar logam berat yang terkandung dalam air tambak dalam keadaan rendah.

Beberapa logam berat yang mungkin ada pada tambak ialah Fe, Zinc, Mn, dan lain sebagainya. Kebanyakan logam berat sangat berpengaruh terhadap parameter tambak, sehingga jika kadarnya terlalu tinggi dapat menciptakan lingkungan yang tidak kondusif terhadap kehidupan udang.

Sumber: greatermekong.org

Untuk itu, melakukan deteksi logam berat secara berkala menjadi cara yang paling ampuh dalam mencegah terjadinya kontaminasi logam berat pada tambak. Pendeteksian dapat dilakukan dengan bantuan TDS Meter.

TDS (Total Dissolved Solids) merupakan kumpulan partikel organik dan anorganik yang larut pada air. Kebanyakan partikel-partikel tersebut bersifat toksik dan dapat meracuni udang.

Kadar TDS yang baik bagi tambak udang adalah 300-600 ppm. Angka tersebut menjadi acuan bagi petambak dalam menentukan apakah tambak yang dimiliki dalam kondisi yang baik atau tidak bagi pertumbuhan dan perkembangan udang.

Cara penggunaan TDS meter juga cukup mudah. Petambak hanya perlu mencelupkan ujung TDS meter ke dalam air tambak selama beberapa menit hingga monitor menunjukkan angka kadar TDS. Selanjutnya, lihat apakah TDS berada pada kadar yang optimal atau tidak.

Baca Juga


266 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua