top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Budidaya Bandeng, Alternatif Menguntungkan dari Budidaya Udang


Budidaya udang merupakan salah satu jenis usaha populer yang dilakukan oleh masyarakat daerah pesisir. Keuntungan yang didapat dari budidaya udang juga terbilang cukup besar, namun biaya produksi yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Biaya produksi yang tinggi, membuat banyak masyarakat pesisir memutuskan untuk tidak memilih budidaya udang sebagai bisnisnya. Selain itu, udang lebih rentang terhadap serangan penyakit sehingga memiliki risiko kerugian yang tinggi. Alternatif lain dari budidaya udang namun tetap memberikan untung yang besar adalah dengan membudidayakan ikan bandeng.

Sumber: arenahewan.com

Pada dasarnya, budidaya ikan bandeng memerlukan lingkungan dan alat yang sama dengan budidaya udang. Hanya saja biaya produksi bisa ditekan dari harga benih ikan bandeng yang cukup murah bila dibandingkan dengan harga benih udang.

Selain itu, ada beberapa kekurangan dari ikan bandeng bila dibandingkan dengan udang. Ikan bandeng memerlukan waktu pemeliharaan yang agak lama, yakni sekitar 4-5 bulan, sedangkan udang rata-rata dapat dipanen 3 bulan setelah penebaran benih.

Harga jual bandeng juga lebih rendah apabila dibandingkan dengan udang, namun ukuran dan berat bandeng lebih tinggi dari udang, sehingga harga jual dapat tertutupi dari beratnya.

Harga bandeng yang lebih terjangkau juga meningkatkan minat masyarakat untuk cenderung membelinya bila dibandingkan dengan udang, sehingga daya jual bandeng tidak akan kalah dari udang.

Baca Juga:

738 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page