top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Nilai Ekspor Udang Indonesia ke Amerika dan Jepang Menurun


Indonesia diketahui sangat rutin mengekspor udangnya ke beberapa negara. Dari beberapa negara tersebut, Indonesia lebih banyak mengekspor udang ke Amerika dan Jepang.

Namun, pada paruh 2019 ini, nilai ekspor udang di kedua negara tersebut mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sumber: kaltim.prokal.co

Berdasarkan data yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor udang Indonesia ke Amerika mengalami penurunan sebesar 869 persen dari USD 566,40 juta ton pada tahun lalu kini menjadi USD 494,39 juta ton pada tahun ini.

Penurunan nulai ekspor ke Amerika ini ternyata diikuti dengan penurunan volume ekspor, dari 60.700 ton pada tahun lalu kini menjadi 60.210 ton pada tahun ini.

Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Kelautan dan Perikanan, Machmud mengatakan penurunan ekspor ini merupakan cerminan dari kondisi pasar udang di negara tersebut.

Selain itu, penurunan nilai ekspor ini juga dipengaruhi oleh melemahnya harga udang di pasar Amerika, khususnya pada kuartal I tahun 2019 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Untuk diketahui, harga udang di pasar Amerika melemah sebesar 9,3 persen dari USD 9,79 per kg kini menjadi USD 8,88 per kg.

Pelemahan harga udang ini juga menyebabkan turunnya nilai ekspor ke Jepang. Penurunan harga udang di Jepang dilaporkan mencapai 6,33 persen dari USD 10,93 per kg kini menjadi USD 10,23 per kg.

Walaupun nilainya melemah, namun volume yang dipasarkan masih mengalami peningkatan sebesar 3,71 persen dari 15.640 ton pada tahun lalu kini menjadi 16.220 ton pada tahun ini.

Baca Juga:

406 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page