• Audri Rianto

Keberadaan Plankton Memengaruhi Stabilitas pH Tambak


Derajat keasaman atau pH menjadi salah satu kunci keberhasilan proses budidaya udang. Untuk itu, tingkat kestabilannya harus selalu terjaga demi mendapatkan keuntungan yang besar.

Pada proses budidaya udang, kadar pH yang ideal adalah 6,5 sampai 8. Akan menjadi masalah jika kadar pH berada di bawah atau di atas nilai tersebut. Baik pH tinggi maupun rendah, kedua keadaan tersebut sangat berpengaruh terhadap metabolisme udang dan dapat menyebabkan udang mengalami stres.

Sumber: tribunnews.com

Permasalahan yang paling sering muncul pada tambak udang adalah pH mengalami penurunan. Keadaan tersebut tentu membuat air tambak menjadi bersifat asam. Menurunnya pH merupakan kondisi yang optimal dalam merangsang patogen penyakit untuk tumbuh pada tambak, sehingga udang akan lebih mudah terinfeksi penyakit.

Banyak hal yang memengaruhi penurunan pH pada tambak, dan salah satunya adalah keberadaan plankton. Menurunnya populasi plankton pada tambak menjadi salah satu pemicu turunnya pH tambak.

Untuk mencegah hal tersebut, maka petambak harus menjaga kestabilan populasi plankton pada tambak. Dalam hal ini, penggunaan Secchi Disk merupakan sebuah keharusan.

Pada dasarnya Secchi Disk merupakan alat yang digunakan untuk memantau kekeruhan air. Ciri tambak yang memiliki populasi plankton ideal ialah memiliki air yang berwarna hijau dengan kekeruhan optimal hingga kedalaman 25 sampai 40 cm.

Baca Juga:

#pengaruhplanktonterhadapph #pengaruhplanktontambak

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon