• Redaktur: Audri Rianto

Musim Migrasi, Ribuan Ikan Australia Terdampar di Garut


Puluhan ribu ikan jenis hejo tonggong (Decapterus nusseli) dilaporkan terdampar ke pesisir Pantai Taman Manalusu, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Banyaknya ikan yang terdampar di sana menarik minat para warga dan nelayan untuk turut turun dan memunguti ikan tersebut.

Sumber: viva.co.id

Salah satu warga bernama Sobri, 55 tahun mengatakan bahwa ikan jenis ini memang setiap tahunnya terdampar di sepanjang Pantai Garut Selatan, salah satunya adalah Pantai Taman Manalusu.

Puluhan ribu ikan yang terdampar itu disinyalir berasal dari perairan dingin Australia, sehingga ikan-ikan tersebut bermigrrasi untuk mencari perairan yang lebih hangat seperti di pesisir pantai Samudera Hindia hingga sampai di Pantai Garut Selatan.

Selain bermigrrasi mencari air hangat, ikan hejo tonggong juga mencari perairan dengan kadar salinitas yang tinggi.

Aparat juga turun tangan untuk memantau fenomena ribuan ikan migrasi itu sekalian memantau aktivitas warga. Banyak warga dan para nelayan yang sudah ada di pantai untuk berburu ikan hejo tonggong.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara Polres Garut AKP, Ttriandri menghimbau para nelayan dan warga untuk selalu berhati-hati saat berburu ikan tersebut. Himbauan ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kecekalakaan akibat gelombang pantai. “Kami terus menghimbau warga dan para nelayan, boleh berburu hanya di tepi pantai saja,” ujarnya.

Baca Juga:

#ikanmigrasidigrut

97 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua