• Redaktur: Audri Rianto

Mengenal 5 Jenis Garam yang Ada di Dunia


Garam merupakan satu bahan yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan cita rasa dari suatu makanan. Meski begitu, penambahan garam secara berlebihan tentu tidak dianjurkan, karena akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Sumber: garam.co.id

Selama ini kita beranggapan bahwa garam tidak memiliki varian jenisnya. Ternyata, anggapan tersebut tidaklah benar. Terdapat beberapa jenis garam yang ada di dunia. Berikut ini kelima garam tersebut.

1. Garam Meja

Garam meja merupakan garam umum atau yang biasa digunakan untuk memasak. Garam ini sudah melewati banyak proses pengolahan, sehingga teksturnya sangat halus dan sudah mengandung yodium.

Yodium sendiri merupakan mineral yang penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk proses pertumbuhan. Kekurangan yodium dapat menyebabkan anak mengalami keterlambatan mental, hipotiroidisme serta mengalami masalah kesehatan lainnya.

2. Garam Laut

Garam laut didapatkan dengan cara menguapkan air laut hingga menjadi kristal garam. Tidak berbeda dengan garam meja, garam laut juga mengandung banyak natrium klorida, namun mengandung sedikit mineral.

Karena dibuat secara murni, maka garam laut biasanya masih tercemar dengan partikel logam berat seperti timbal dan lainnya yang dihasilkan dari pencemaran laut. Semakin gelap warna garam laut, maka semakin tinggi pula kandungan logam beratnya.

3. Garam Kosher

Garam kosher umumnya memiliki tekstur yang lebih kasar mirip seperti kristal yang tak beraturan. Selain itu, garam kosher juga tidak mengandung agen anti-caking sehingga lebih mudah menggumbal serta tidak mengandung unsur yodium. Walau begitu, garam kosher juga memiliki rasa yang tidak jauh beda dengan garam meja.

4. Garam Himalaya

Garam ini berasal dari tambang garam terbesar kedua di dunia yang bernama Khewra Salt Mine di Pakistan. Garam ini memiliki warna merah yang dihasilkan oleh kandungan zat besi pada garam tersebut.

Garam himalaya mengandung natrium yang rendah, namun mengandung kurang lebih 84 mineral penting , seperti kalsium, zat besi, kalium dan magnesium yang memang dibutuhkan oleh tubuh .

5. Garam Celtic

Garam ini memiliki warna keabu-abuan dan tidak jarang orang menyebutnya dengan sebutan garam abu-abu. Garam celtic mengandung sedikit air, sehingga membuatnya tetap dalam kondisi lembap.

Garam ini juga mengandung sejumlah mineral, namun kandungan natriumnya tetap lebih rendah dari garam meja.

Baca Juga:

#jenisgaramdidunia

169 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon