top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Penyebab Mata Ikan Hias Bengkak dan Cara Mengatasinya


Ikan hias merupakan jenis ikan yang dipelihara dengan tujuan untuk memperindah tampilan suatu ruangan. Adanya ikan hias di dalam rumah juga dipercaya oleh sebagian orang sebagai salah satu upaya untuk mendatangkan rejeki.

Ikan hias dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tergantung dari lingkungannya. Jika anda ingin memiliki ikan hias dengan warna serta coraknya yang indah dan mencolok, maka anda diwajibkan untuk rutin merawat dan menjaga kebersihan lingkungan tempat hidup ikan hias.

Sumber: koiart.net

Lingkungan yang tak terawat dan kotor memungkinkan patogen penyakit untuk tumbuh pada akuarium tempat ikan hias hidup. Berbeda dengan ikan konsumsi, ikan hias dikenal sangat rentan terhadap serangan penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang ikan hias, terutama ikan koi adalah penyakit mata bengkak (popeye).

Penyebab Penyakit Popeye (Mata Bengkak)

Penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling memungkinkan adalah infeksi dari microbakteria tuberculosis yang menyebabkan peradangan pada rongga mata ikan. Bakteri ini dapat muncul dan menginfeksi ikan dikarenakan kondisi air pada akuarium yang kurang baik.

Dalam beberapa kasus, penyakit popeye juga bisa disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang ada di mata ikan itu sendiri, sehingga membuat ikan menjadi cacat permanen dengan kondisi mata membesar dan tak dapat kembali seperti semula.

Ciri-ciri Ikan Terinfeksi Popeye (Mata Bengkak)

Ikan yang terinfeksi penyakit popeye akan menunjukkan gejala berupa adanya pembengkakan pada satu atau kedua mata ikan. Pada beberapa kasus, pembengkakan juga disertai dengan adanya bercak darah pada bola mata ikan yang menandakan adanya pembuluh darah yang pecah.

Pengobatan

Pengobatan popeye harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya, namun pada umumnya pengobatan optimal dilakukan dengan menggunakan antibiotik ringan. Elbayou merupakan antibiotik ikan yang terbukti ampuh dalam mengobati penyakit ikan akibat infeksi bakteri.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, anda hanya perlu melarutkan elbayou sebanyak 5 sampai 10 gram pada 100 liter air. Kemudian masukkan dan karantina ikan yang terinfeksi ke dalam larutan elbayou selama beberapa hari dan lihat perkembangannya.

Baca Juga:

51.801 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page