• Redaktur: Audri Rianto

Manfaat Geomembrane pada Tambak Udang


Dalam dunia pertambakan, geomembrane menjadi suatu bahan yang sudah tidak asing lagi. Pasalnya, geomembrane sudah sering digunakan oleh para petambak sebagai alas tambak mereka.

Geomembrane merupakan lapisan plastik polietilen yang dikenal memiliki daya tahan tinggi, sehingga penggunaannya dapat berlangsung cukup lama. Geomembrane diketahui lebih baik bila dibandingkan dengan terpal maupun plastik-plastik lainnya yang biasa digunakan dalam usaha budi daya perairan.

​Sumber: isw.co.id

Selain memiliki daya tahan yang tinggi, geomembrane juga memiliki manfaat lain apabila dijadikan sebagai alas tambak. Berikut beberapa manfaat geomembrane pada tambak udang.

Mencegah Kebocoran Air Tambak

Pada umumnya, tambak terbuat dari kolam tanah dengan permeabilitas yang tinggi. Hal ini ternyata memiliki risiko tinggi terhadap kebocoran air. Permeabilitas yang tinggi, memungkinkan air yang ada di dalam tambak merembes keluar. Jika dibiarkan, maka tambak lambat laun akan mengalami penurunan volume air.

Nah, ternyata geomembrane dapat mengatasi masalah tersebut. Karena memiliki tingkat permeabilitas yang rendah, geomembrane memiliki kemampuan untuk menahan air agar tidak merembes keluar dari tambak.

Mempertahankan Kualitas Air

Kualitas air pada tambak yang menggunakan geomembrane akan bertahan lebih lama. Hal ini karena geomembrane tidak mengandung bahan aditif atau bahan kimia yang berbahaya yang dapat mencemari tambak.

Selain itu, geomembrane juga mampu menahan tanah dasar tambak untuk masuk dan mencemari air. Sehingga, pencemaran air dapat terhindari dengan baik.

Namun, pengontrolan air tetap harus dilakukan, karena ada faktor lain yang dapat meningkatkan pencemaran air, seperti pemberian pakan yang berlebihan serta tumbuhnya alga pada tambak.

Biaya Perawatan Rendah

Karena daya tahan geomembrane yang tinggi, maka anda tidak perlu melakukan perawatan yang intensif, seperti melakukan pergantian alas tambak untuk setiap kali pemanenan.

Seperti Geomembrane HDPE Rostek dari ISW Group, yang memiliki garansi pakai hingga 10 tahun. Sehingga anda akan lebih menghemat anggaran perbaikan. Belum lagi, jika anda memesan geomembrane HDPE Rostek di ISW Group, kami akan memberikan bantuan apabila adanya ditemukan masalah terkait teknis dan kerusakan barang.

Baca Juga:

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

#manfaatgeomembranepadatambak #tambakudanggeomembrane

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon