top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Cara Mencegah Serangan Bakteri Vibrio pada Udang


Kemunculan bakteri vibrio pada tambak tentu dapat menyebabkan beragam masalah pada udang, dan yang paling fatal adalah menyebabkan penyakit pada udang.

Bakteri vibrio dapat mengeluarkan senyawa racun yang dapat menyebabkan penyakit white spot deseas atau bintik putih pada udang. Pada dasarnya, bakteri vibrio tidak secara langsung membunuh udang, melainkan membuat udang tidak memiliki nafsu makan.

Sumber: isw.co.id

Akibatnya, udang menjadi lebih rentan terhadap penyakit, dan salah satu penyakit yang paling mudah menyerang saat udang dalam kondisi seperti itu adalah penyakit white spot deseas.

Jika sudah terlanjur terserang penyakit tersebut, maka udang akan menjadi lebih sulit untuk diobati. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya anda mempelajari cara mencegah penyakit tersebut dengan cara menghambat perkembangan sumber penyakit tersebut.

Cara Pencegahan

Sebelum melakukan tindakan pencegahan, anda harus tahu ciri-ciri tambak yang mengandung banyak bakteri vibrio. Ciri tambak yang mengandung bakteri vibrio dalam jumlah banyak adalah permukaan air tambak terlihat menyala-nyala seperti kunang-kunang pada malam hari.

Jika bakteri vibrio terindikasi menyerang bak hatchery, atau pada masa pembibitan maka dapat dicegah dengan menekan seminimal mungkin bahan organik yang ada pada tambak. Caranya ialah dengan melakukan pembersihan, seperti membuang air yang mengandung lumpur dari dasar tambak.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan bakteri probiotik yang memiliki fungsi untuk memecah bahan organik menjadi senyawa kimia yang lebih sederhana sehingga dapat dengan mudah diuraikan secara alami. Hal ini tentu akan menekan keberadaan bakteri vibrio, sehingga udang terhindar dari beragam penyakit.

Baca Juga:

3.664 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page