top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Cara Mudah dan Tepat Dalam Membuat Pakan Udang Organik


Banyaknya peminat udang di kalangan masyarakat, membuat para pengusaha tambak udang memaksimalkan sistem budidayanya demi memenuhi permintaan yang ada.

Namun sayangnya, semakin intensif tambak yang dioperasikan ternyata tidak sejalan dengan pengelolaan tambaknya. Tercatat, masih banyak petambak yang tidak melakukan pengelolaan tambak secara tepat, yaitu dengan menggunakan pakan dan pupuk kimia secara berlebihan.

Sumber: isw.co.id

Dampaknya adalah zat kimia yang terus menerus mengendap pada tanah dapat merusak lingkungan dan menurunkan produktifitas udang. Tidak hanya itu, efek jangka panjangnya adalah dapat mengakibatkan berkembangnya beragam penyakit yang dapat mengancam kehidupan udang saat dibudidayakan.

Salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan lingkungan akibat bahan kimia tersebut adalah dengan memberikan pakan organik pada udang. Pakan organik dikenal lebih ramah lingkungan, sehingga tidak menimbulkan kerusakan dan tetap dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada udang.

Membuat Pakan Organik Untuk Udang

Untuk menciptakan pakan alami untuk udang, anda tidak perlu melakukan pengolahan secara manual. Cukup dengan mengembangkan phronima suppa, yaitu suatu organisme yang berperan sebagai pakan alami pada udang di dalam petakan tambak. Berikut ini caranya

  • Siapkan lahan yang akan digunakan, dan terlebih dahulu lakukan pengeringan dan dibersihkan dari berbagai hama yang ada. Pada proses pembersihan lahan, sebaiknya gunakan senyawa saponin, agar dapat bersih secara maksimal.

  • Selanjutnya, masukkan kapur bakar dengan takaran 500 sampai 1000 kg per hektar, sesuaikan dengan ph tanah. Lalu, masukkan pupuk urea 100 kg per hektar, ZA 50 kg per hektar, TSP 50 kg per hektar dan pupuk cair organik sebanyak 5 liter per hektar serta dedak yang sudah difermentasi sebanyak 300 kg per hektar.

  • Masukkan air ke dalam lahan tempat pembuatan pakan organik hingga ketinggian 30 cm.

  • Ketika plankton sudah mulai tumbuh, selanjutnya sebarkan bibit tau indukan phronima suppa ke dalam lahan.

  • Diamkan selama 20 hari agar terjadi proses pengkulturan dan phronima suppa akan berkembang biak dengan sendirinya.

  • Selanjutnya masukkan benur udang ke dalam kolam yang sudah terisi phronima suppa hasil pengkulturan sebelumnya. Populasi phronima suppa yang dihasilkan pada lahan seluas satu hektar dapat mencukupi kebutuhan pakan sekitar 10 ribu hingga 15 ribu ekor benur udang.

Baca Juga:

2.544 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page