• Redaktur: Audri Rianto

9 Manfaat Mengejutkan dari Ikan Salmon


Salah satu jenis ikan dengan reputasi hebat di dunia adalah ikan salmon. Selama ini daging ikan salmon dikenal paling bergizi di dunia, karena mengandung beragam nutrisi yang menyehatkan.

Daging ikan salmon dikenal dapat menangkal risiko penyakit jantung serta perannya dalam mengontrol kenaikan berat badan. Ternyata, manfaat ikan salmon tidak hanya sampai di situ saja.

Sumber: cbc.ca

Tercatat, setidaknya ada 9 khasiat dan manfaat ikan salmon yang belum diketahui oleh banyak orang. Kesembilan manfaat itu adalah

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Dikutip dari buku ‘Healing Foods’ yang diterbitkan oleh DK Publishing, salmon disebut sebagai ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, asam eicosapentaenic, dan asam docosahexaenoic.

Kombinasi ketiga asam tersebut dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. Menurunnya tekanan darah akan membuat tekanan koletrol ikut menurun sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung.

2. Sumber Lemak Baik Beberapa makanan dari sumber hewani, kebanyakan akan menyisakan lemak jahat apabila dimakan secara berlebihan. Namun, berbeda dengan salmon, yang hanya mengandung lemak baik yang sehat.

Asupan asam lemak esensial pada tubuh secara seimbang dapat membantu proses pembakaran lemak tubuh dan mengubahnya menjadi sumber energi.

3. Menurunkan Berat Badan Tidak hanya dapat membakar lemak, salmon juga memberikan efek membangun otot tubuh karena salmon diketahui merupakan sumber pangan dengan proporsi protein yang sangat besar.

Perpaduan kedua proses tersebut tentu dapat menurunkan berat badan secara sehat dan berkala.

4. Sumber Vitamin dan Mineral Ikan salmon diketahui mengandung vitamin A, D, E dan K. Kombinasi vitamin-vitamin tersebut sangat baik bagi sendi tulang, mata, perkembangan otak, memperbaiki otot dan mengatur keseimbangan metabolisme tubuh.

5. Meningkatkan Daya Ingat Menurut ahli, kandungan asam lemak omega-3 pada salmon juga sangat baik dalam meningkatkan daya ingat dan mempertajam kemampuan otak sehingga dapat meningkatkan retensi ingatan.

Dengan rajin mengonsumsi ikan salmon, anda akan terhindar dari risiko terkena demensia dan hilangnya fungsi mental.

6. Anti Inflamasi Dengan kemampuan anti inflamasi-nya, salmon menjadi salah satu makanan yang paling disukai di dunia kesehatan. Salmon juga dikenal rendah akan asam lemak omega-6 pro-inflamasi yang sangat banyak ditemukan pada makanan modern.

7. Menyehatkan Kulit Mengonsumsi salmon secara rutin terbukti dapat menyehatkan kulit dan membuat kulit menjadi halus. Asam lemak esensial yang terkandung pada daging salmon juga dapat mendorong kulit untuk menahan air, membuatnya menjadi lentur dan awet muda.

8. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat Salmon merupakan makanan terbaik untuk dikonsumsi pada musim dingin, karena memiliki kemampuan menghangatkan tubuh. Kandungan lemak baiknya disinyalir mampu menjaga suhu tubuh yang mengonsumsinya tetap hangat.

9. Pelumas Bagi Sendi Asam lemak esensial dan mineralnya mampu memberikan pelumasan pada persendian, sehingga sendi tidak mudah mengalami pergeseran atau yang disebut dengan keseleo atau terkilir.

Baca Juga:

#manfaatsalmon #ikansalmon #dagingsalmon

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon