top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

5 Jenis Ikan Kakap yang Dapat Dibudidayakan


Ikan termasuk ikan dengan harga di atas rata-rata. Mahalnya harga ikan kakap tak terlepas dari rasa dagingnya yang enak serta kandungan gizinya yang baik bagi kesehatan.

Tingginya harga ikan kakap memberikan peluang usaha yang menggiurkan. Namun, sebelum memutuskan untuk memulai usaha budi daya ikan kakap, anda wajib mengetahui jenis-jenis ikan kakap yang dapat dibudidayakan.

Walau pada umumnya masyarakat hanya mengenal dua jenis ikan kakap, yakni kakap merah dan kakap putih, namun sebenarnya ada beberapa jenis ikan kakap lainnya yang bisa dibudidayakan.

1. Kakap Putih

Sumber: ekor9.com

Ikan kakap putih memiliki ciri fisik berupa bentuk tubuh yang memanjang agak pipih, lengkung punggungnya tinggi dan menurun tajam ke arah kepala serta tidak bergigi. Ciri khususnya adalah garis rahang melewati mata.

Panjang tubuh dari kakap putih dapat mencapai 170 cm dengan warna tubuh atas cokelat kehitaman dan bagian bawah berwarna putih keperakan. Sedangkan pada sirip ekor dan bagian duburnya berwarna hitam.

2. Kakap Merah

Sumber: ekor9.com

Pada dunia perikanan, ikan kakap merah dikenal dengan julukan snapper. Walaupun diketahui memiliki banyak jenis, namun terdapat 3 jenis saja yang bisa dibudidayakan, yaitu Lutjanus argentimaculatus, L. Johnii, dan L. Altifrontalis.

Dibandingkan dengan kakap putih, tubuh kakap merah cenderung lebih pendek dan lebar dan berwarna merah.

3. Kakap Merah Sejati

Sumber: ekor9.com

Julukan kakap merah sejati didapat dari warna tubuhnya yang lebih merah dibandingkan dengan kakap lainnya. Panjang ikan kakap merah sejati ini dapat mencapai 60 cm. Ujung tutup insangnya mencapai bagian bawah pangkal sirip punggung, sedangkan sirip dada dan perut dapat mencapai lubang anus.

Saat masih muda, warna dasarnya keperakan berbintik kuning kemerahan. Bintik-bintik ini kemudian membentuk garis bujur selebar tubuhnya. Ikan kakap merah sejati ini suka hidup diperairan yang berpasir dan berlumpur.

4. Jenahan

Sumber: ekor9.com

Ikan kakap satu ini memiliki julukan golden snapper (kakap emas). Hal ini didasari dari warna tubuhnya berupa bintik-bintik keemasan. Panjang tubuh ikan kakap jenis ini mencapai 91,3 cm.

5. Ikan Kakap Batu

Sumber: ekor9.com

Ciri ikan kakap batu yaitu mata besar, garis rahang hanya mencapai garis tengah mata, warna tubuh bagian atas cokelat kemerahan serta ada sedikit warna perak di kepala dan perutnya. Panjang tubuh ikan kakap batu hanya mencapai 32 cm, relatif kecil dibandingkan dengan ikan kakap jenis lainnya.

Baca Juga:

2.891 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page