• Redaktur: Audri Rianto

Indonesia Coba Kelola Minyak Kelapa Sawit Menjadi Avtur


Kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan penghasil minyak paling besar di dunia. Indonesia merupakan negara 5 besar dengan produksi sawit terbanyak. Maka tak heran jika Indonesia tak pernah absen dalam memproduksi dan mengekspor minyak kelapa sawit.

Umumnya, minyak kelapa sawit banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk konsumsi dan kecantikan. Namun, mulai tahun ini Indonesia bereksperimen untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan memanfaatkan minyak kelapa sawit.

Sumber: detik.com

Saat ini, Indonesia tengah bersiap untuk melakukan uji coba mengelola minyak kelapa sawit menjadi green avtur.

Bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), PT Pertamina (Persero) saat ini sedang mengembangkan katalis yang memungkinkan untuk memecah minyak kelapa sawit menjadi avtur. Minyak kelapa sawit yang akan diolah adalah minyak inti kelapa sawit atau minyak kernel.

“Minyak kelapa sawit dihilangkan oksigennya serta memperpanjang rantai carbon jadi C11, C12, hingga C14 ini merupakan bahan utama avtur. Nanti katalisnya berfungsi di situ (menghilangkan oksigen),” ujar Guru Besar ITB, Prof Subagjo.

Ia memprediksi bahwa katalis ini bisa mulai diuji coba mulai September 2019 mendatang dengan Pertamina jika penelitian ini berjalan dengan lancar. Uji coba nantinya akan diselenggarakan di Kilang Cilacap. Campuran yang akan digunakan adalah minyak kernel dengan kerosene.

“Proses pengolahannya dengan sistem co processing. Jadi prosesnya biji kelapa sawit akan digesting menjadi minyak kernel, lalu dioleh dengan cara dicampur dengan korosene dan akan menjadi green avtur,” tambah Direktur Pengolahan Pertamina, Budi Santoso Syarif.

Baca Juga:

#minyakkelapasawit #eksporsawit #hargasawit #bahanbakarpesawat

45 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon