top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Awal 2019, Dunia Dikejutkan dengan Ikan Tuna Seharga Rp 43,7 Miliar


Pasar ikan terbesar di Jepang setiap tahunnya memiliki tradisi unik, yaitu menggelar lelang yang dilakukan pada fajar pertama pada tahun baru.

Lelang tersebut dilakukan di pasar yang baru saja direlokasi dari Tsukiji ke Toyosu menciptakan rekor baru pada penjualan ikan tuna. Tercatat bahwa, ikan tuna raksasa tersebut terjual dengan harga 333,6 juta yen atau setara dengan Rp 43,7 miliar.

Sumber: tribunnews.com

Rekor tersebut diraih dengan melelang ikan tuna seberat 278 kilogram, yang didapat dari penangkapan di lepas pantai utara Jepang. Dengan harga yang fantastis tersebut membuat ikan tuna tersebut berhasil mencapai dua kali rekor lelang sebelumnya, yakni 155 juta yen.

Orang yang berhasil memboyong ikan tuna tersebut ialah seorang pengusaha restoran sushi terkenal di Jepang, yaitu Kiyoshi Kimura yang memiliki julukan sebagai Raja Tuna.

“Saya telah membeli ikan tuna yang bagus”, ungkap Kimura.

“Harganya memang lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya, tapi saya berharap bahwa pelanggan kami dapat menikmati tuna yang luar biasa ini”, tambahnya.

Pasar ikan Tsukiji telah dibuka sejak 1935 dan sudah dikenal dengan tradisi lelang uniknya tersebut. Banyak produk perikanan yang dijual disana. Para konsumen juga datang dari berbagai daerah dan kalangan, mulai dari ibu rumah tangga hingga koki yang bekerja di restoran.

Walaupun berpindah lokasi, lelang tetap diselenggarakan demi mempertahankan tradisi yang sudah ada.

Baca Juga:

70 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page