top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Budidaya Ikan Nila Praktis dengan Sistem Polikultur


Sistem polikultur adalah sistem budi daya dua jenis ikan atau lebih pada satu kolam. Kedua jenis ikan ini haruslah memiliki perbedaan sifat, salah satunya adalah memiliki perbedaan pola makan. Dengan begitu, kedua jenis ikan tidak ada yang merasa tersaingi.

Permasalahan paling umum yang dihadapi oleh pengusaha budi daya ikan untuk menerapkan sistem polikultur adalah bingung dalam memilih komoditi.

Sumber: bibitikan.net

Salah satu kombinasi yang pas dan patut anda coba adalah membudidayakan ikan nila dengan ikan lele dumbo. Keduanya diketahui memiliki kebiasaan hidup yang berbeda, terutama pada hal mencari makanan.

Ikan nila lebih sering hidup di permukaan air, karena ikan nila selalu mencari makanan di permukaan dan senang hidup pada tempat yang terang (terpapar sinar matahari). Sedangkan ikan lele dumbo lebih suka hidup di dasar kolam atau tempat yang gelap demi mencari makan. Ikan lele dumbo hanya sesekali ke permukaan saat membutuhkan oksigen.

Dengan menyatukan keduanya tentu akan mendapatkan keuntungan dua kali lipat. Sebab, saat lele dumbo memenuhi dasar kolam maka akan membuat ikan nila tidak sempat membentuk sarang di dasar kolam. Dengan begitu, ikan nila tidak akan mengalami proses perkawinan. Hal ini tentu sangat baik, karena ikan nila akan lebih menyimpan energinya dan fokus pada pembesaran.

Tahapan Budidaya Ikan Nila Polikultur

Tahapan budi daya ikan nila sistem polikultur umumnya sama dengan sistem budi daya konvensional atau monokultur. Perbedaannya hanya terletak pada penebaran benih antara nila dan lele dumbo. Karena dibutuhkan rentan atau jarak waktu tertentu.

Penebaran Benih

Benih ikan nila ditebarkan terlebih dahulu. Perhatikan ukurannya, karena benih yang sudah siap ditebar di kolam adalah benih yang sudah berukuran 8 hingga 12 cm. Perbandingan populasi ikan nila dan ikan lele dumbo adalah 80% ikan nila dan 20% ikan lele dumbo.

Penebaran ikan lele dumbo dilakukan 2 bulan setelah penebaran benih ikan nila. Hal ini dilakukan karena ikan lele dumbo memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, sehingga diharapkan pemanenan dapat dilakukan secara serentak antara kedua ikan.

Baca Juga:

1.529 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page