• Redaktur: Audri Rianto

Indonesia Eksportir Ikan Hias Terbesar di Dunia


Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rifky Efendi Hardijanto mengatakan bahwa hingga kini volume ekspor ikan hias Indonesia masih yang tertinggi di dunia.

Untuk itu, penting bagi semua eksportir bisa memanfaatkan raiser agar ikan hias yang hendak diekspor terlebih dahulu diseleksi, agar harga jualnya bisa naik berkali-kali lipat.

Sumber: bisapinter.com

“Secara volume kita yang nomor satu, tapi masih kalah secara nilai. Karena ikan Indonesia yang diekspor belum semuanya diseleksi. Seperti ikan yang diekspor ke Singapura, ikan dipilih dan seleksi baru diekspor lagi dengan harga yang jauh berkali lipat.” Kata Rifky.

Oleh karena itu, Rifky menghimbau para eksportir ikan hias ataupun pembudidaya bisa memanfaatkan momen ini agar ekspor ikan hias kita bukan hanya sekedar volume yang besar, tetapi nilainya juga turut besar.

Jika sudah masuk proses seleksi, maka kualitas ikan hias yang akan diekspor akan sama rata bagusnya, maka langkah selanjutnya adalah branding untuk menyatakan kalau itu produk Indonesia.

Hal tersebut tentu dapat menarik minat dari negara lain, jadi jika dunia ingin mencari ikan hias maka mereka akan datang ke Indonesia. “Jika seperti itu, maka tak heran jika Indonesia akan menjadi number one eksportir ikan hias terbesar di dunia”, tegasnya.

Tercatat, pada tahun 2017 ekspor ikan hias Indonesia mencapai USD 350,12 juta atau naik 0,86% dari tahun 2016 yang didominasi oleh ikan hias air tawar. Sementara itu, untuk eksportir utama ikan hias air tawar global pada tahun yang sama adalah Singapura 15,03%, Jepang 12,96%, Myanmar 12,73%, sedangkan Indonesia berada pada urutan ke lima dengan nilai USD 20,41 juta (8,11%).

Untuk eksportir utama ikan hias air laut global pada tahun 2017 adalah Spanyol 39,31%, Belanda 12,69%, dan Indonesia 7,75%.

Hingga saat ini, jenis ikan hias Indonesia yang menjadi komoditas ekspor terbesar adalah Arwana, dengan menyumbang sekitar 30 persen dari total keseluruhan ikan hias nasional yang diekspor.

Baca Juga:

#ikanhiasindonesia #eksporikanhias

57 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon